SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SUPERVISOR PADA AGEN ASURANSI JIWA BERSAMA BUMIPUTERA 1912 CABANG KABUPATEN NABIRE DENGAN MENGGUNAKAN METODESIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW)

Widodo Widodo

Abstract


Abstrak. Perusahaan yang bergerak dalam bidang pemasaran khususnya Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 sangat memperhatikan kinerja para bawahannya, salah satu yang termasuk didalamnya adalah supervisor. Pada perusahaan Asuransi Jiwa Bersama Bumiputera 1912 supervisor mempunyai peranan lebih, yaitu penghubung antar manajemen tengah dengan para bawahan sehingga rencana-rencana yang dibuat manajemen puncak dan tengah bisa di implementasikan dengan baik oleh agen, jika posisi supervisor kosong atau kurang akibat satu dan lain hal, maka selaku pengambil keputusan harus mencari pengganti posisi itu dengan cepat berdasarkan kriteria-kriteria yang harus menjadi pertimbangan. Permasalahan yang dihadapi disini adalah pengambil keputusan memilih supervisor berdasarkan pemikiran pribadi yang seringkali mengakibatkan pemilihan supervisor bersifat objektif bukan subjektif. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem pendukung keputusan (SPK) yang mempunyai kemampuan analisa pemilihan supervisor pada agen Asuransi Bumiputera 1912 dengan menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW) berdasarkan pilihan kriteria terbaik dari semua calon supervisor yang memenuhi kriteria. software Visual Basic 6.0 dan Microsoft Access 2007 sebagai databasenya. Dengan adanya sistem ini, memudahkan kepala cabang asuransi Bumiputera 1912 sebagai pengambil keputusan untuk menentukan calon supervisor yang tepat dengan tidak menyita banyak waktu dan meminimalisir kemungkinan terjadi kesalahan dalam proses pemilihan.

Kata Kunci : Supervisor, sistem pendukung keputusan , simple dditive weighting.


Full Text:

PDF

References


Kusrini.(2007).Konsep dan Aplikasi Sisitem Pendukung Keputusan. Andi, Yogyakarta.

Rahman F. (2014). Sistem Pendukung Keputusan Seleksi Presenter Acara Pada PT Jayapura Televisi dengan metode Simple Additive Weighting(SAW), Tugas Akhir Program Studi Teknik Informatika, Universitas Sains Dan Teknologi Jayapura, Jayapura.

Turban E, Jay E.Arsonson, Tingpeng Liang. (2005).Dicision Support Systems and Intelligent System (Jlid 2) Sistem Pendukung Keputusan dan Sistem Cerdas, Yogyakarta.

Yakub.(2012).Pengantar Sistem Informasi. Graha Ilmu,Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.