RANCANG BANGUN SMART SCHOOL DENGAN SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE STUDI KASUS SMP ADVENT ABEPURA PAPUA

Mingsep Rante Sampebua

Abstract


Proses belajar-mengajar yang sedang berjalan pada sekolah SMP di Papua masih bersifat konvensional yaitu guru menyampaiakan materi pelajaran, tugas, kuis, pengumpulan tugas di kelas dan setiap mata pelajaran hanya dilakukan beberapa kali pertemuan seminggu dengan waktu yang terbatas. Penyampaian informasi/pengumuman, pengelolaan dan pelayanan administrasi akademik serta pelaporan masih dilakukan secara manual sehingga lambat dan tidak efektif. Tujuan penelitian ini adalah membuat rancang bangun smart school dengan sistem pembelajaran online berbasis web untuk mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi oleh sekolah SMP di Papua (studi kasus SMP Advent Abepura). Smart schoolakan menjadi blended learning yang menggabungkan antara metode konvensional atau tata muka dengan sistem pembelajaran online menuju smart school. Hasil penelitian ini adalah terciptanya model sistem pembelajaran online sehingga interaksi antara guru dan siswa dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengelolaan administrasi akademik serta mempercepat penyampaian informasi kepada siswa dan orang tua siswa tentang perkembangan dan capaian setiap siswa. Hal ini dapat mendukung pembelajaran di sekolah dan menciptakan budaya/lingkungan belajar yang efektif dan efisien serta paperless. Rancang bangun software smart school menggunakan metode waterfall yang meliputi lima tahapan yaitu: (1) identifikasi kebutuhan pengguna; (2) analisis; (3) desain; (4) implementasi; dan (5)pengujian. Desain sistem smart school menggunakan bahasa pemodelan berorientasi objek yaitu UML (Unified Modeling Language).

Kata kunci : Smart School, Pembelajaran online, SMP Advent Abepura, UML, Waterfall


Full Text:

PDF

References


Clark, R.C. & Mayer, R.E. (2008). E-learning and the science of instruction: proven guidelines for consumers and designers of multimedia learning, second edition. San Francisco: John Wiley & Sons, Inc.

Jogiyanto Hartono. (2005). Analisis dan Desain Sistem Informasi. Pendekatan terstruktur teori dan praktis aplikasi bisnis. Andi. Yogyakarta.

M. Joi L, D. Camille, G. Krista. (2011). e-Learning, online learning, and Distance Learning Environments: Are they the Same ?, Internet and High Education, Vol. 14, pp. 129-135

Numiek Sulistyo Hanum, 2013. Keefektifan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 3, Nomor 1

Republik Indonesia, 2003. Undang-Undang No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta

Rumini, Abidarin Rosidi, Sudarmawan, 2014. Perancangan E-Learning di STIMIK Amikom Yogyakarta. Jurnal Teknologi Informasi, Vol . IX Nomor 25, ISSN: 1907-2430

Widhiartha, P.A. 2005. Memahami Lebih Lanjut Tentang e-Leraning. Portal www.ilmukomputer.com, Indonesia

Winarno dan Setiawan, J., 2013, Penerapan Sistem E-Learning pada Komunitas Pendidikan Sekolah Rumah (Home Schooling), ISSN 2085-4579 ULTIMA InfoSys, Vol. IV, No. 1.

Yudie Irawan, Nanik Susanti, Wiwit Agus Triyanto, 2015. Analisa dan Perancangan Sistem Pembelajaran Online (E-Learning) Pada SMK Mambaul Falah Kudus. Jurnal SIMETRIS, Vol 6 No 2, ISSN: 2252-4983


Refbacks

  • There are currently no refbacks.