PENGARUH NILAI UJIAN NASIONAL TERHADAP INDEKS PRESTASI KUMULATIF MAHASISWA FMIPA UNIVERSITAS CENDERAWASIH

Dominggus Dani, Alvian M. Sroyer

Abstract


Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) mahasiswa sangat bervariasi, disebabkan oleh
berbagai faktor atau variabel yang dapat menyebabkan IPK tersebut. Salah satu variabel yang dimaksudkan adalah nilai Ujian Nasional (UN). Analisis regresi dan korelasi memegang peranan penting dalam menduga variabel penjelas dan variabel respon. Analisis regresi sederhana dan korelasi pearson product moment digunakan untuk mengetahui pengaruh dan hubungan antara satu variabel penjelas dan variabel respon. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan UN terhadap IPK mahasiswa FMIPA Uncen. Hasil yang diperoleh berdasarkan analisis regresi sederhana dan korelasi pearson product moment memberikan hasil yang signifikan, dimana koefisien determinasi sebesar 9,048% yang menggambarkan bahwa nilai IPK mahasiswa sebenarnya 9,048% saja yang mempengaruhi nilai IPK, artinya masih ada beberapa faktor
lain yang mempengaruhi nilai IPK tersebut, dan dari nilai UN hanya dapat menjelaskan sebesar 9,048% saja. Sedangkan untuk jalur masuk SNMPTN yang dapat digeneralisasi pada populasi, dikarenakan dari hasil pengujian yang signifikan.

Kata kunci : Regresi Sederhana, Korelasi Pearson Product Moment, Koefisien 


Determinasi, Jalur Masuk.


Full Text:

PDF

References


Dixon, J.W. dan Massey, F.J. 1991. Pengantar Analisis Statistik, edisi Keempat. Terjemahan oleh S.K. Samiyono. Yogyakarta: Gadja Mada University Press.

PJhon. W. and Sons. 2006. Regressions Analysis by Example, Fourth Edition: Hoboken New Jersey.

Canada J. Supranto. 2008. Statistik: Teori dan Aplikasi, edisi Ketujuh.

Jakarta : Erlangga.

Priyatno D. 2008. Mandiri Belajar SPSS untuk Analisis Data dan Uji Statistik, Cetakan Kedua. Yogyakarta: PT Buku Kita.

Santoso S. 2013. Menguasai SPSS 21 di Era Informasi, edisi Kesatu. Jakarta: PT Elex Media Komputindo

Sugiyono. 2008. Statistik Nonparametris untuk Penelitian, Cetekan Keenam. Bandung: CV Alfabeta

Walpole, E.R. dan Myers, R.H. 1995. Ilmu Peluang dan Statistika Untuk Insinyur dan Ilmuan, edisi Keempat. Terjemahan oleh RK Sembiring. Bandung: Institut Teknoligi Bandumg.

Walpole, E.R. 1992. Pengantar Statistika, edisi Ketiga. Terjamahan oleh B. Sumantri. Jakarta: PT Grahamedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.