Pendampingan Pembuatan Alat Peraga IPA Dari Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Pada Guru SD Tangwala

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31957/jabdimascenderawasih.v1i2.3384

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan di SD Tangwala Skou Yambe Distrik MuaraTami Kota Jayapura sebagai salah satu wujud dari terpenuhinya kegiatan Tridharma perguruan tinggi yang dilakukan oleh dosen. SD Tangwala Skou Yambe ini masih menerapkan kurikulum 2013 dengan rombel ada 6. Kegiatan pengabdian ini dilakukan untuk membantu para guru khususnya di SD Tangwala Skou Yambe agar dapat memanfaatkan barang bekas/sederhana  untuk dijadikan sebagai media pembelajaran pada pelajaran IPA.  Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode pelatihan dengan pendampingan, ceramah, diskusi. Adapun hasil dari kegiatan pengabdian ini yaitu para peserta dalam hal ini guru telah mampu merancang dan membuat alat peraga dari barang bekas/sederhana sebagai media pembelajaran IPA. Selain itu para guru juga telah mengimplementasikannya dalam proses pembelajaran di kelas, sehingga sehingga hasil belajar, pemehaman dan motivasi belajar peserta didik dapat meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Elvianasti, Mega. (2019). Modul Belajar dan Pembelajaran. Jakarta Selatan: Universitas Muhammadiayah Prof. Dr. Hamka

Muhson, Ali. (2010) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Pendidikan Akuntasi Indonesia. Vol 8.(2) (1-10)

Nurfadhillah, Septy dkk. (2021). Penggunaan Media Alat Peraga Pada Mata Pelajaran IPA Dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Negeri Kampung Melayu III. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial (PENSA), Vol 3 (2), (176-186)

Pambudi, Bayu dkk. (2018). Pengembangan Alat Peraga dar Barang Bekas Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemehaman Siswa Sekolah Dasar. Jurnal. Indonesian Journal Of Primary Education (IJPE) Vol 2 (2) (28-33)

Sukmawati, S. (2023). Pelatihan Alat Peraga Jam Sudut Pada Guru di SD YPK Kwadeware. Dimasejati: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3).

Wirawan, Rahadi dkk (2021). Pendampingan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis KIT IPA Untuk Pembelajaran Fisika di SMPN 2 Sekotong. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. Vol. 4 (2), (353-356)

Downloads

Published

2023-10-30

Issue

Section

Articles