PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS , GROWTH DAN MEDIA EXPOSURE TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Dan Perusahaan Jasa Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015)
DOI:
https://doi.org/10.52062/jakd.v12i1.1414Abstract
This study aims to determine whether the effects of profitability, liquidity, growth, andmedia exposure to Corporate Social Responsibility Disclosure. This study uses a quantitative
approach to population studies that firms belonging to the manufacturing and service sectors listed
in Indonesia Stock Exchange in 2013, 2014 and 2015. The research proves that the partial
profitability, liquidity and growth has no effect on the disclosure of corporate social responsibility,
while media exposure have a significant effect on the disclosure of corporate social responsibility.
Simultaneously profitability, liquidity, growth and media exposure together have an effect on the
disclosure of corporate social responsibility.
In this study the researchers conducted additional tests are different tests on the disclosure of social
responsibility, which is to see whether there are differences between manufacturing and service
companies related to the disclosure of social responsibility in revealing its social responsibility
Downloads
References
Ekowati, L., Prasetyono, & Anis. (2014). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Growth dan Media
Exposure Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. SNA 17 .
Fahrizqi, A. (2010). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social
Responsibility (CSR) dalam Laporan Tahunan Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan
Manufaktur yang Terdaftar Dalam Bursa Efek Indonesia). Skripsi. Semarang. Program
Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program SPSS. Edisi 8. Badan Penerbit
Universitas Diponegoro : Semarang
Gunawan, B., & Suharti, S. U. (2008). Peranan Corporate Social Responsibilty dalam Nilai
Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan volume 7, Nomor 2, September 2008 .
Kamil, A., & Antonius, H. (2012). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Luas
Pengungkapan Kegiatan Corporate Social Responsility. ISSN 2088-2106 .
Kristi, A. A. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social
Responsibility pada Perusahaan Publik di Indonesia. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi
dan Bisnis Universitas Brawijaya.
Melati, P. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social
Responsibility (CSR) (Study Empiris pada Perusahaan Industri Dasar dan Kimia yang
Terdaftar di BEI Periode 2010-2012).
Nur, M. (2012). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social
Responsibility di Indonesia (Studi Empiris pada Perusahaan berkategori High Profile yang
Listing di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Nominal / Volume I Nomor I .
Putri, R. A., & Yulius, J. (2014). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Leverage Terhadap
Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Volume 2, Nomor 1.
Sari, R. A. (2012). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility
Disclosure pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.
Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Mominal Volume 1 Nomor 1 .
Sembiring, E. R. (2005). Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial:
Study Empiris Pada Perusahaan Yang Tercatat Di Bursa Efek Jakarta . SNA VIII Solo .
Wijaya, M. (2012). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial pada
Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Akuntansi-Vol 1, No.1