PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS , GROWTH DAN MEDIA EXPOSURE TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Dan Perusahaan Jasa Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2015)

Authors

  • Hasnia Hasnia
  • Siti Rofingatun

DOI:

https://doi.org/10.52062/jakd.v12i1.1414

Abstract

This study aims to determine whether the effects of profitability, liquidity, growth, and
media exposure to Corporate Social Responsibility Disclosure. This study uses a quantitative
approach to population studies that firms belonging to the manufacturing and service sectors listed
in Indonesia Stock Exchange in 2013, 2014 and 2015. The research proves that the partial
profitability, liquidity and growth has no effect on the disclosure of corporate social responsibility,
while media exposure have a significant effect on the disclosure of corporate social responsibility.
Simultaneously profitability, liquidity, growth and media exposure together have an effect on the
disclosure of corporate social responsibility.
In this study the researchers conducted additional tests are different tests on the disclosure of social
responsibility, which is to see whether there are differences between manufacturing and service
companies related to the disclosure of social responsibility in revealing its social responsibility

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ekowati, L., Prasetyono, & Anis. (2014). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Growth dan Media

Exposure Terhadap Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial Perusahaan. SNA 17 .

Fahrizqi, A. (2010). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social

Responsibility (CSR) dalam Laporan Tahunan Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan

Manufaktur yang Terdaftar Dalam Bursa Efek Indonesia). Skripsi. Semarang. Program

Sarjana Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program SPSS. Edisi 8. Badan Penerbit

Universitas Diponegoro : Semarang

Gunawan, B., & Suharti, S. U. (2008). Peranan Corporate Social Responsibilty dalam Nilai

Perusahaan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan volume 7, Nomor 2, September 2008 .

Kamil, A., & Antonius, H. (2012). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Luas

Pengungkapan Kegiatan Corporate Social Responsility. ISSN 2088-2106 .

Kristi, A. A. (2013). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social

Responsibility pada Perusahaan Publik di Indonesia. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi

dan Bisnis Universitas Brawijaya.

Melati, P. (2014). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social

Responsibility (CSR) (Study Empiris pada Perusahaan Industri Dasar dan Kimia yang

Terdaftar di BEI Periode 2010-2012).

Nur, M. (2012). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Corporate Social

Responsibility di Indonesia (Studi Empiris pada Perusahaan berkategori High Profile yang

Listing di Bursa Efek Indonesia). Jurnal Nominal / Volume I Nomor I .

Putri, R. A., & Yulius, J. (2014). Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, dan Leverage Terhadap

Pengungkapan Corporate Social Responsibility. Volume 2, Nomor 1.

Sari, R. A. (2012). Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Corporate Social Responsibility

Disclosure pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia.

Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Mominal Volume 1 Nomor 1 .

Sembiring, E. R. (2005). Karakteristik Perusahaan dan Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial:

Study Empiris Pada Perusahaan Yang Tercatat Di Bursa Efek Jakarta . SNA VIII Solo .

Wijaya, M. (2012). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial pada

Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Akuntansi-Vol 1, No.1

Additional Files

Published

2020-12-11

Issue

Section

Artikel