https://ejournal.uncen.ac.id/index.php/JAPP/issue/feed Jurnal Administrasi Publik Papua 2023-06-09T03:26:47+00:00 HENDRIKUS AGUSTINUS WERMASUBUN admin@map.pasca.uncen.ac.id Open Journal Systems <div><b>Jurnal Administrasi Publik Papua (JAPP)</b> diterbitkan oleh Program Magister Administrasi Publik Program, Program Pascasarjana Universitas Cenderawasih (MAP PPS UNCEN). Terbit 3 kali setahun (Februari, Juni dan Oktober). Jurnal ini menyajikan hasil penelitian dan artikel yang berhubungan dengan Administrasi Publik dengan ruang lingkup Pelayanan Publik, Birokrasi Publik, Manajemen Sumber Daya Manusia, Inovasi Sektor Publik, dan Kebijakan Publik.</br> <p> </p></div> https://ejournal.uncen.ac.id/index.php/JAPP/article/view/2747 ANALISIS KUALITAS PELAYANAN e-KTP PADA KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN ASMAT 2023-06-09T03:26:47+00:00 MARCELIANUS JOHANES BELEKUBUN marcelianusjohanesbelkubun@gmail.com SEPTINUS SAA septinus.saa@gmail.com AGUSTINA IVONNE POLI poli_ivonne@yahoo.com <p>ABSTRAK<br />Kualitas pelayanan e-KTP sangat dibutuhkan dalam memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, untuk itu di perlukan landasan hukum yang jelas, sumber daya manusia yang profesional, sarana dan prasarana pendukung yang memadai serta kesadaran masyarakat akan kepemilikan dokumen kependudukan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Kualitas Pelayanan e-KTP dan menganalisis faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat Kualitas Pelayanan e-KTP pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Asmat. Metode penelitian merupakan deskriptif kualitatif yaitu memberikan gambaran dan penjelasan secara ilmiah tentang kualitas pelayanan dan faktor – faktor yang mempengaruhi kualitas pelayanan e-KTP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan e-KTP pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Asmat belum maksimal hal ini dapat dibuktikan melalui lima dimensi diantarnya Dimensi Tangible (bukti fisik), Dimensi Realibility (kehandalan), Dimensi Responsiveness (daya tanggap), Dimensi Assurance (jaminan), Dimensi Empathy (empati) dan faktor internal serta ekternal yang mendukung dan menghambat kualitas pelayanan e-KTP.</p><p>Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Landasan Hukum, Sumber Daya Manusia, Sarana dan Prasarana.</p><p>ABSTRACT<br />The quality of e-KTP services is very much needed in providing maximum service to the community, for that a clear legal basis is needed, professional human resources, adequate supporting facilities and infrastructure and public awareness of ownership of population documents. This study aims to describe and analyze the Quality of e-KTP Services and analyze what factors support and hinder the Quality of e-KTP Services at the Population and Civil Registration Office of Asmat Regency. The research method is a qualitative descriptive that provides a scientific description and explanation of the quality of service and the factors that influence the quality of e-KTP services. The results showed that the quality of the e-KTP service at the Population and Civil Registration Service of Asmat Regency was not maximized, this can be proven through five dimensions including the Tangible Dimension (physical evidence), the Realibility Dimension (reliability), the Responsiveness Dimension (responsiveness), the Assurance Dimension (guarantee), the Empathy Dimension (empathy) and internal and external factors that support and hinder the quality of e-KTP services.</p><p>Keywords: Service Quality, Legal Basis, Human Resources, Facilities and Infrastructure.</p> 2022-06-14T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Administrasi Publik Papua https://ejournal.uncen.ac.id/index.php/JAPP/article/view/2752 PENGARUH DISIPLIN, MOTIVASI, DAN PENGALAMAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI DINAS PERINDUSTRIAN, PERDAGANGAN, KOPERASI, UKM DAN TENAGA KERJA PROVINSI PAPUA 2023-06-09T03:26:47+00:00 INA MONALIZA TODINGBUA imonaliza60@gmail.com YOSEPHINA OHOIWUTUN yossiohoiwutun@gmail.com RENIDA JOZELINA TOROBI renida.torobi@gmail.com <p>ABSTRAK<br />Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui dan menganalisas seberapa besar pengaruh antara disiplin terhadap Kinerja Pegawai ; 2) Untuk mengetahui dan menganalisas seberapa besar pengaruh antara motivasi terhadap Kinerja Pegawai ; 3) untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pengalaman kerja terhadap kinerja pegawai negeri sipil; 4) Untuk mengetahui dan menganalisa seberapa besar pengaruh antara disiplin, motivasi, dan pengalaman kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Provinsi Papua. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan analisis regresi berganda untuk mengetahui pengaruh masing-masing variabel yang mempengaruhi kinerja Pegawai Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Provinsi Papua. Penelitian dilakukan terhadap 162 orang Pegawai Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja Provinsi Papua dan dilakukan selama 2 minggu dengan cara membagikan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Disiplin Kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai Dinas Perindustrian, perdagangan, Koperasi, UKM dan Tenaga Kerja. Hal tersebut ditunjukkan dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel, (4,342 &gt; 1,975), atau sig &lt; α (0.000 &lt; 0.05), berarti variabel disiplin berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai. Dengan demikian hipotesis pertama diterima. Motivasi kerja dan Pengalaman kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karaywan. Hal itu ditunjukkan dengan motivasi kerja yang memiliki nilai thitung lebih besar dari ttabel, (3,077 &gt; 1,975), atau sig &lt; α (0.000 &lt; 0.05), sehingga disimpulkan berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai. Pengalaman kerja memiliki nilai thitung lebih besar dari ttabel, (6,504 &gt; 1,975), atau sig &lt; α (0.000 &lt; 0.05), dimana artinya berpengaruh positif terhadap kinerja pegawai. Kontribusi berpengaruh pengalaman kerja bersifat positif terhadap kinerja pegawai.</p><p>Kata kunci: Disiplin, Motivasi, Pengalaman Kerja dan Kinerja Pegawai</p><p>ABSTRACT<br />The purposes of this study are 1) To find out and analyze how much influence between disciplines on employee performance; 2) To find out and analyze how big the influence between motivation on employee performance; 3) to determine and analyze the effect of work experience on the performance of civil servants; 4) To find out and analyze how much influence discipline, motivation, and work experience have on employee performance at the Department of Industry, Trade, Cooperatives, SMEs and Manpower Papua Province. The method used is quantitative with multiple regression analysis to determine the effect of each variable that affects the performance of the employees of the Department of Industry, Trade, Cooperatives, SMEs, and Manpower of Papua Province. The study was conducted on 162 employees of the Office of Industry, Trade, Cooperatives, SMEs, and Manpower of Papua Province and was conducted for 2 weeks by distributing questionnaires. The results showed that Work Discipline had a positive and significant effect on the performance of the employees of the Department of Industry, Trade, Cooperatives, SMEs, and Manpower. This is indicated by the value of count greater than the table, (4,342 &gt; 1,975), or sig &lt; (0.000 &lt; 0.05), meaning that the discipline variable has a positive and significant effect on employee performance. Thus the first hypothesis is accepted. Work motivation and work experience have a positive and significant effect on employee performance. This is indicated by work motivation which has a count value greater than the table, (3.077 &gt; 1.975), or sig &lt; (0.000 &lt; 0.05), so it can be concluded that it has a positive effect on employee performance. Work experience has a count value greater than the table, (6.504 &gt; 1.975), or sig &lt; (0.000 &lt; 0.05), which means that it has a positive effect on employee performance. Contributions that have a positive effect on work experience on employee performance.</p><p>Keywords: Discipline, Motivation, Work Experience, and Employee Performance</p> 2022-06-14T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Administrasi Publik Papua https://ejournal.uncen.ac.id/index.php/JAPP/article/view/2753 OPTIMALISASI FUNGSI PENGAWASAN DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) DALAM MEWUJUDKAN TATA KELOLA PEMERINTAHAN YANG BAIK DI KABUPATEN TELUK WONDAMA 2023-06-09T03:26:47+00:00 ANDY NIKOLAS RAWAR andynikolas@gmail.com AKBAR SILO assilo708@gmail.com YOSEPHINA OHOIWUTUN yossiohoiwutun@gmail.com <p>ABSTRAK<br />Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran optimalisasi fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) serta faktor pendukung dna penghambat Dalam Mewujudkan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik di Kabupaten Teluk Wondama. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder. Informasn sebanyak 6 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara dan dianalisis menggunakan data kualitatif. <br />Hasil penelitian diperoleh bahwa optimalisasi pengawasan DPRD Kabupaten Teluk Wondama melingkupi pengawasan terhadap pelaksanaan Perda dan peraturan perundang-undangan lainnya, peraturan Kepala Dearah, APBD, kebijakan pemerintah dalam melaksanakan program pembangunan daerah dan DPRD Kabupaten Teluk Wondama juga bertanggungjawab melakukan pengawasan terhadap layanan publik. Pengawasan yang dilakukan antara lain tindakan perbaikan secara adminsitrasi misalnya pembuatan raperda baru, Penghentian proyek maupun program. Untuk pengawasan lapangan DPRD Kabupaten Teluk Wondama juga turun ke lokasi pekerjaan untuk memastikan pekerjaan sudah dilaksanakan sesuai dengan perencanaan dan peraturan. Faktor pendukung dan penghambat optimalisasi karena DPRD berasal dari partai politk sehingga fungsi pengawasan dewan selalu sibuk dalam mengurusi urusan partai politik, belum mampu mengoptimalkan fungsi pengawasan keterbatasan kualitas Sumber daya manusia, terbatasnya fasilitas dan sarana. Tetapi untuk meminimalisasikan suatu penghambat DPRD Kabupaten Teluk Wondama memiliki suatu perangkat komisi sesuai bidangnya yang di optimalkan untuk melakukan pengawasan, Selain itu juga adanya pengawasan lembaga intern dari pemerintah pusat seperti Badan pengawas keuangan dan pembangunan (BPKP) dan Badan Pengawas Daerah (BAWASDA) yang merupakan lembaga intern yang membantu DPRD dalam Pemeriksaan keuangan daerah.</p><p>Kata Kunci: Optimalisasi, Pengawasan, DPRD, Kabupaten Teluk Wondama</p><p>ABSTRACT<br />This study aims to obtain an overview of the optimization of the supervisory function of the Member of the People’s Legislative Assembly as well as the supporting and inhibiting factors in Realizing Good Governance in Teluk Wondama Regency. This type of research is descriptive qualitative. Sources of data used include primary data and secondary data. Information as many as 6 people. Data collection techniques used interview guidelines and analyzed using qualitative data. The results showed that the optimization of the supervision of the Teluk Wondama Regency member of the People's Legislative Assembly includes supervision of the implementation of regional regulations and other laws and regulations, regional head regulations, APBD, government policies in implementing regional development programs and the Teluk Wondama Regency member of the People's Legislative Assembly is also responsible for supervising Public services. The supervision carried out includes administrative corrective actions such as the making of a new regional regulation, termination of projects and programs. For field supervision, the DPRD of Teluk Wondama Regency also went to the work site to ensure that the work had been carried out in accordance with the plans and regulations. Supporting and inhibiting factors for optimization are because member of the People's Legislative Assembly. comes from political parties so that the supervisory function of the council is always busy in dealing with the affairs of political parties, has not been able to optimize the supervisory function, limited quality of human resources, limited facilities and facilities. However, to minimize an obstacle, the DPRD Teluk Wondama Regency has a commission set according to its field which is optimized to carry out supervision. In addition, there is supervision of internal institutions from the central government such as the Financial and Development Supervisory Agency and the Regional Supervisory Agency which are the an internal institution that assists the DPRD in regional financial audits.</p><p>Keywords: Optimization, Supervision, Provincial Legislatives Council, Wondama Bay Regency</p> 2022-06-14T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Administrasi Publik Papua https://ejournal.uncen.ac.id/index.php/JAPP/article/view/2754 IMPLEMENTASI PERATURAN BUPATI ASMAT NOMOR 42 TAHUN 2017 DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PADA DINAS PEKERJAAN UMUM DAN PENATAAN RUANG KABUPATEN ASMAT 2023-06-09T03:26:47+00:00 MINSA PRASTOWO PRIYONO minza.prass76@gmail.com NUR AEDAH nuraedah24031963@gmail.com RENIDA JOZELINA TOROBI renida.torobi@gmail.com <p>ABSTRAK<br />Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Implementasi Peraturan Bupati Asmat Nomor 42 Tahun 2017 tentang Uraian Tugas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Asmat dalam upaya meningkatkan kinerja pegawai. Jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi tahap reduksi data, tampilan data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja pegawai Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Asmat yang belum optimal, dilihat dari tugas pokok dan fungsi pegawai yang hanya dapat dikerjakan oleh beberapa individu dan pegawai kurang memadai dari segi kualitas dan kuantitas. Upaya peningkatan kinerja pegawai melalui Implementasi Peraturan Bupati Asmat Nomor 42 Tahun 2017 didukung oleh tambahan penghasilan sebagai bentuk penghargaan bagi pegawai yang dapat meningkatkan disiplin, motivasi, kinerja dan kesejahteraan pegawai.</p><p>Kata Kunci: Implementasi Peraturan, Tugas Pokok dan Fungsi, Kinerja Pegawai.</p><p>ABSTRACT<br />This study aims to analyze the implementation of the Asmat Regent's Regulation Number 42 of 2017 concerning the Job Description of the Asmat Regency Public Works and Spatial Planning Office in an effort to improve employee performance. This type of research is descriptive with a qualitative approach. Data collection techniques were carried out through interviews, observation, and documentation. Data analysis techniques include data reduction, data display, conclusion, and verification stages. The results of the study indicate that the performance of the Public Works Service Office of Asmat Regency is not optimal, seen from the main tasks and functions of employees which can only be done by a few individuals, and employees are inadequate in terms of quality and quantity. Efforts to improve employee performance through the implementation of Asmat Regent Regulation Number 42 of 2017 are supported by additional income as a form of appreciation for employees who can improve employee discipline, motivation, performance, and welfare.</p><p>Keywords: Implementation of Regulation, Main Tasks and Functions, Employee Performance.</p> 2022-06-14T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Administrasi Publik Papua https://ejournal.uncen.ac.id/index.php/JAPP/article/view/2755 IMPLEMENTASI LIMA NILAI BUDAYA KERJA KEMENTERIAN AGAMA DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI (Studi komparatif Pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jayapura dan Kantor Kementerian Agama Kota Jayapura) 2023-06-09T03:26:47+00:00 LUKSEN JEMS MAYOR luksenjems@gmail.com AKBAR SILO assilo708@gmail.com YOSEPHINA OHOIWUTUN yossiohoiwutun@gmail.com <p>ABSTRAK<br />Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana Implementasi Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jayapura dan Kantor Kementerian Agama Kota Jayapura dan menganalisis dan mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang mendukung dan menghambat Implementasi Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai Pada Kantor Kementerian Kabupaten Jayapura dan Kantor Kementerian Agama Kota Jayapura. Jenis penelitian penelitian kualitatif yang bersifat komparatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi tahap reduksi data, tampilan data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jayapura dalam penerapan Lima Nilai Budaya Kerja pada umumnya telah dilaksanakan dengan baik dan variabel kinerja pegawai yang yang perlu mendapat perhatian adalah kecepatan kerja pegawai dalam meyelesaikan tugas dan pekerjaannya sehari-hari. Sementara indikator kualitas kerja, komunikasi, kemampuan bekerja dan inisiatif agar perlu terus dipertahankan bahkan ditingkatkan lagi. Dan Kantor Kementerian Agama Kota Jayapura dalam penerapan Lima Nilai Budaya Kerja khususnya pada profesionalitas pegawai perlu dibenahi dan ditingkatkan lagi. Sementara penerapan nilai integritas, inovasi, tanggung jawab dan keteladanan yang selama ini sudah berjalan dengan baik perlu dipertahankan bahkan ditingkatkan terus. Sementara untuk variable kinerja pegawai yang yang perlu mendapat perhatian adalah kemampuan kerja pegawai untuk terus ditingkatkan.</p><p>Kata Kunci: Lima Budaya Kerja, Kinerja Pegawai<br /> <br />ABSTRACT<br />This study aims to analyze and describe how the implementation of the Five Cultural Values of the Ministry of Religion in Improving Employee Performance at the Office of the Ministry of Religion of Jayapura Regency and the Office of the Ministry of Religion of Jayapura City and to analyze and describe what factors support and hinder the Implementation of the Five Cultural Values of the Ministry of Religion in Improving Employee Performance at the Office of the Ministry of Jayapura Regency and the Office of the Ministry of Religion of the City of Jayapura. This type of research is a comparative qualitative research. Data collection techniques were carried out through interviews, observation, and documentation. Data analysis techniques include data reduction, data display, conclusion and verification stages. The results of the research of the Office of the Ministry of Religion of Jayapura Regency in the application of the Five Values of Work Culture in general have been carried out well and the employee performance variable that needs attention is the speed of work of employees in completing their daily tasks and work. While indicators of work quality, communication, work ability and initiatives that need to be maintained and even improved. And the Office of the Ministry of Religion of the City of Jayapura in the application of the Five Work Cultural Values, especially in the professionalism of employees, needs to be addressed and improved again. Meanwhile, the implementation of the values of integrity, innovation, responsibility and example that have been going well so far needs to be maintained and even improved. Meanwhile, the employee performance variable that needs attention is the employee's work ability to continue to be improved.</p><p>Keywords: Ministry of Religion's work culture, Employee Performance</p> 2022-06-14T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2023 Jurnal Administrasi Publik Papua