Struktur dan Tata Ruang Sosial Budaya Suku Bangsa Yokari Kabupaten Jayapura Provinsi Papua

Mais Maikel Yaroseray

Abstract


Suku  di Papua rata-rata memiliki struktur sosial dan tata ruang kebudayaan beraneka ragam yang berperan penting dalam kehidupan sosial dan budaya mereka.  Sistem yang mengatur  hubungan atau relasi antar warga dalam berbagai aktivitas hidupnya sehari-hari berdasarkan kebudayaan mereka masing-masing,  yaitu sistem politik atau sistem kepemimpinan politik tradisional.Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan etno metodologi studi lapangan. Penelitian dilakukan di Distrik Yokari pada kebudayaan suku bangsa Yokari Kabupaten Jayapura Provinsi Papua.

Struktur sosial yang berbentuk kelompok kelompok klen-klen dalam suku bangsa Yokari yang terbagi menjadi empat kelompok besar yaitu (1) Kaniyo, sebagai kelompok yang berkuasa atas tanah, (2) Yowari, adalah kelompok yang berhubungan dengan  religi, (3) Yepei, adalah kelompok yang berhubungan dengan pemerintahan, serta pengamanan terhadap suku bangsa dari serangan musuh, dan (4) Yepei Yowari, adalah kelompok ini berperan baik sebagai kelompok pemerintahan dan juga religi. Masing-masing kelompok tersebut, menguasai runag darat, laut dan udara, dibawah pengendalian ondoafi berdasarkan norma-norma yang berlaku. Tata ruang suku bangsa Yokari adalah ruang darat yang dikuasai oleh kelompok Kaniyo, seperti tanah dan hutan, serta sumber mata pencaharian hidup  yang terdapat di darat dan permukiman. Ruang laut dikuasai oleh kelompok Kaniyo dan Yowari, berkaitan dengan penangkapan ikan dan pengetahuan tentang terumbu karang. Ruang udara dikuasai oleh klen Soning Yufu.

Keywords


Struktur; Tata Ruang; Sosial Budaya; Yokari

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31957/jeb.v6i3.782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



ISSN Online: 2654-7864 ISSN Print: 2338-705X


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.


Jurnal Ekologi Birokrasi Indexed by:

googlescholar garuda SIS ONESEARCH neliti ICI


Kantor Redaksi:
Program Doktor Ilmu Sosial, Pascasarjana Universitas Cenderawasih
Jl. Raya Abepura - Sentani, Kota Jayapura, Papua, Indonesia, 99351, Telp/Fax: (+62-967) 587290 / (+62-967) 572225, Email: jurnal.jeb@uncen.ac.id / jeb.pdis@gmail.com, Website: http://ejournal.uncen.ac.id/index.php/JEB