PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV MUATAN MATERI ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)

Authors

  • Lely Yustina Wati Universitas Cenderawasih

Abstract

Hasil belajar siswa merupakan output dari proses belajar mengajar. Salah satu masalah dalam pembelajaran di sekolah adalah rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini dapat diketahui dari data awal nilai ulangan harian siswa yang masih berada di bawah KKM. Banyak faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar salah satunya adalah model pembelajaran. Artikel Penerapan Model Probem Based Learning (PBL) berbantuan media Big Book diharapkan memberikan dampak terhadap motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik di jenjang kelas IV SD pada suatu proses pembelajaran muatan materi Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Artikel ini dibuat untuk memberi gambaran  seberapa besar penerapan model PBL berbantuan media Big Book terhadap motivasi belajar dan hasil belajar peserta didik. Pembelajaran dengan menggunakan media Big Book adalah model pembelajaran yang mengaitkan materi pembelajaran dengan gambar- gambar contoh kontekstual yang ada disekitar peserta didik, dan mendorong peserta didik membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Penggunaan media juga dapat membantu guru dalam menyampaikan materi ajar dalam kelas, dapat membimbing dan mengarahkan peserta didik, dan juga sangat membantu bagi peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas maupun di luar kelas sehingga dapat memotivasi peserta didik belajar dan mengalami peningkatan, serta peserta didik memperoleh hasil belajar yang lebih baik. Peserta didik juga akan mengalami peningkataan sesuai harapan semua pihak. Guru dan peserta didik bersama-sama menggunakan media Big Book berisi muatan materi IPA yang terintegrasi dengan contoh kontekstual di sekitar maka diharapkan proses belajar mengajar berjalan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan dapat meningkatkan hasil belajar.

Kata kunci: Model PBL berbantuan Media Big Book, motivasi dan hasil belajar

 

Student learning outcome is the output of the teaching and learning process. One of the problems in learning at school is the low student learning outcomes. This can be seen from the initial data on students' daily test scores which are still below the KKM. Many factors influence learning outcomes, one of which is the learning model. This article on the Application of the Problem Based Learning (PBL) Model assisted by Big Book media is expected to have an impact on learning motivation and learning outcomes of students in grade IV SD in a process of learning Natural Sciences (IPA) material content. This article is aimed to describe how much the application of the PBL model assisted by Big Book media has  on learning motivation and student learning outcomes. Learning using Big Book media is a learning model that relates learning material to pictures of contextual examples around students, and encourages students to make connections between the knowledge they have and its application in their daily lives. The use of media can also assist teachers in conveying teaching material in class, can guide and direct students, and is also very helpful for students in participating in the learning process in class and outside the classroom so that it can motivate students to learn and experience improvement, as well as students get better learning results. Students will also experience an increase as expected. Teachers and students together use the Big Book media containing science material integrated with contextual examples. It is hoped that the teaching and learning process will run in accordance with the learning objectives to be achieved and can improve learning outcomes.

Keywords: PBL Media, Big Book, motivation, learning outcomes

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, Andi Muhammad. (2021). Peningkatkan hasil belajar IPA kelas VI melalui model pembelajaran PBL dengan media audiovisual. Pinisi Journal PGSD, 1(2), 6.

Amir, M. Taufiq. (2016). Inovasi pendidikan melalui problem-based learning. Jakarta: Prenada Media.

Arie A. Setyo, M. Fathurahman, Zakiya A. (2020). Strategi pembelajaran problem-based learning. Makassar: Yayasan Barcode.

Arifin, Syamsul. (2021). Model PBL (Problem Based Learning) berbasis kognitif dalam pembelajaran matematika. Indramayu: Penerbit Adab.

As'ari, A. R., Zayyadi, M., Puspa, R. D., & Purnawati, L. (2021). Bertanya dan berpikir (pengembangan high order thinking skill). Pemekasan: Duta Media Publishing.

Kustandi, C. dan Darmawan, D. (2020). Pengembangan media pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran Bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Jakarta: Prenada Media.

Diansyah, A. R., Saputra, D. S., dan Kurino, Y. D. (2019). Media pembelajaran big book sebagai penunjang dalam pembelajaran membaca permulaan di Sekolah Dasar. Seminar Nasional Pendidikan UNMA 9.

Eismawati, E., Koeswanti, H. D, dan Radia, E. H. (2019). Peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) siswa kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika : Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika 3(2), Https://Doi.Org/10.26486/Jm.V3i2.694.

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, J., dan Janner, S. (2020). Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Haryanto. (2022). Meningkatkan motivasi dan hasil belajar dengan two stay two stray. Penerbit P4i.

Hayati, Fitri. (2021). Karakteristik perkembangan siswa sekolah dasar: Sebuah kajian literatur. Jurnal Pendidikan Tembusai, 5(7), 1809-1815.

Herlina, S., dan Kelana, J. B. 2021. Pemahaman konsep bentuk dan fungsi bagian tumbuhan melalui model pembelajaran problem based learning siswa kelas IV SD. COLLASE, 4(3), 421-427.

Hisbullah & Nurhayati. (2018). Pembelajaran ilmu pengetahuan alam di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Penerbit Aksara Timur.

Kardillah, R. I., and St Syamsudduha. (2022). Perbandingan media diorama dan media big book terhadap hasil belajar peserta didik kelas V. Jipmi 4(10).

Karyadi, Agung Cahya. (2018). Peningkatan keterampilan berbicara melalui metode storytelling menggunakan media big book. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Jpm-Ikp) 1(2). Https://Doi.Org/10.31326/Jmp-Ikp.V1i02.70.

Lefudin. (2017). Belajar dan pembelajaran dilengkapi dengan model pembelajaran, strategi pembelajaran, pendekatan pembelajaran dan metode pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Lestari, Endang Titik. (2020). Cara praktis meningkatkan motivasi siswa sekolah dasar. Yogyakarta: Deepublish

Lufri, A., Yogica, R., Muttaqiin, A., and Fitri, R. (2020). Metodologi pembelajaran: strategi, pendekatan, model, metode pembelajaran. Irdh Book Publisher.

Mirdanda, Arsyi. (2018). Motivasi berprestasi & disiplin peserta didik serta hubungannya dengan hasil belajar. Yudha English Gallery.

Khasanah, Uswatun and Suparman, M. A. (2022). Model pembelajaran keterampilan berbicara anak usia dini menggunakan big book: konsep dan aplikasinya. Jakarta: Prenada Media.

Mutmainah, A., Fahmi S, A., Maisura, Mutia, I., Yunita, I., Wulan Sari, Dyan, & Haslia, H. (2022). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Media Sains Indonesia.

Muzdalifah, Iyut, & Subrata, Heru. (2022). Pengembangan big book berbasis kearifan lokal untuk pembelajaran membaca permulaan di SD. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 44–53. Https://Doi.Org/10.26740/Jrpd.V8n1

Nugraha, M. F., Hendrawan, Budi., Pratiwi, A. S., Permana, R., Saleh, Y. T., Nurfitri, M., Nurkamilah, M., Trilesatri, A., & Husen, W. R. (2020). Pengantar pendidikan dan pembelajaran di Sekolah Dasar. Edu Publisher.

Octavia, Shilphy A. (2020). Model-model pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Ovan & Saputra, A. (2020). Cami: aplikasi uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian berbasis web. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Pamungkas, A. D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran problem based learning (PBL) pada siswa kelas 4 SD. Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran 3(1), 287–93. Https://Doi.Org/10.35568/Naturalistic.V3i1.268.

Prastiyo, Fendika. (2019). Peningkatan hasil belajar peserta didik dengan model kooperatif jigsaw pada materi pecahan di kelas V SDN Sepanjang 2. CV Kekata Group.

Pratiwi, Indah. (2021). IPA untuk pendidikan guru Sekolah Dasar. Umsu Press.

Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan media big book untuk menumbuhkan minat membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu 5(1): 446–52. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i1.787.

Prihatini, Nuraisya & Wati, Lisna. (2020). Peningkatan hasil belajar perubahan bentuk energi kelas IV melalui model problem based learning. Pinisi: Journal of Teacher Professional, 1(3), 307-317.

Priyatna, Andri. (2013). Pahami gaya belajar anak! Elex Media Komputindo.

Rapiadi. (2022). Monograf pengaruh kemandirian belajar siswa dan motivasi belajar terhadap hasil belajar pendidikan Agama Buddha. Insan Cendekia Mandiri.

Riyana, Cepy. N.D. Media pembelajaran. Kemenag RI.

Rokhimawan, M. A., Badawi, J. A., & Siti Aisyah. (2022). Model-model pembelajaran Kurikulum 2013 pada tingkat SD/MI. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 4(2): 2077–86. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i2.2221.

Siyoto, Sandu, & Sodik, M. A.. (2015). Dasar metodologi penelitian. Literasi Media Publishing.

Sujana, Atep. (2015). Ragam model pembelajaran di sekolah dasar (edisi ke-2). Vol. 5. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Sumiharsono, Rudy, & Hasanah, H. (2017). Media pembelajaran: Buku bacaan wajib dosen, guru dan calon pendidik. Jember: Pustaka Abadi.

Rahman, Taufiqur. (2018). Aplikasi model-model pembelajaran dalam penelitian tindakan kelas. Semarang: CV. Pilar Nusantara.

Pamungkas, T. (2020) Model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning). Bogor: Guepedia.

Trygu. (2021). Teori motivasi Abraham H. Maslow dan hubungannya dengan minat belajar matematika siswa. Bogor: Guepedia.

Downloads

Published

2023-08-30

Issue

Section

Articles