EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GALERI WALK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII SMP N 1 ABEPURA
Abstract
Abstract: The study aims to measure how effective the Gallery Walk learning model is in creating critical thinking skills of class VIII students at SMP N 1 Abepura. By using a quasi-experimental method and comparing two class groups, this study found a significant increase in the critical thinking skills of students who participated in Gallery Walk learning. This result shows that this learning model can be a good choice to improve students' critical thinking skills.
Keywords: Effectiveness, Gallery Walk Learning Model, Critical Thinking Skills
Penelitian bertujuan untuk mengukur seberapa efektif model pembelajaran Galeri Walk dalam menciptakan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII di SMP N 1 Abepura. Dengan menggunakan metode kuasi-eksperimen dan membandingkan dua kelompok kelas, penelitian ini menemukan adanya peningkatan yang cukup berarti pada kemampuan berpikir kritis siswa yang mengikuti pembelajaran Galeri Walk. Hasil ini menunjukkan jika model pembelajaran ini bisa menjadi pilihan yang baik guna meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.
Kata kunci: Efektifitas, Model Pembelajaran Galeri Walk, Kemampuan Berpikir Kritis
Downloads
References
Itlay, S. (2020). Sengketa Tanah pada Masyarakat Adat di Depapre ( Studi Kasus Klan Tonggrotuw dan Soumilena ). 1(1).
Jamal, O., & Edowai, K. (2022). Tinjauan Literasi Budaya Papua dan Kewargaan Siswa SMA Kota Jayapura. 3(1).
Jamal, O., & Goo, E. (2021). Meningkatkan Kesadaran Politik Masyarakat dalam Mengadapi Tantangan Globalisasi Melalui Pendidikan Politik di SMK N 1 Jayapura Increasing. Jurnal Dikmas, 3(1), 10–13. https://doi.org/https://doi.org/10.55606/dikmas.v3i1.428
Kustiyanti. (2022). Memperkuat Kesadaran Bela Negara dengan Nilai-Nilai Pancasila dalam Perspektif Adat Papua. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan Undiksha, 2(2), 416–420. https://doi.org/https://doi.org/10.37304/enggang.v1i2.16759
Lumintang, O., & Edowai, K. (2023). Pengembangan Kompetensi UMKM Kota Jayapura Berkarakter Tecnopreneurship Membuka Segmen Pasar Baru dengan Digital Marketing untuk Memasuki Pasar Global. Jurnal Nusantara Berbakti, 1(1), 129–137. https://doi.org/https://doi.org/10.59024/jnb.v1i1.481
Lumintang, O., & Salahudin. (2022). Pendampingan Pelatihan Pembuatan Video Pembelajaran bagi Visual Kinesthetic Learner untuk Guru di Sekolah Menengah Atas Kota Jayapura Training. Jurnal Pengabdian Masyarakat Sains Dan Teknologi, 1(2), 37–41. https://doi.org/https://doi.org/10.58169/jpmsaintek.v1i2.600
Makayan, Y. B. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Berbasis Komik pada Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ( PKn ) Kelas X SMA Negeri 1 Jayapura. 2(1).
Marthen Timisela, & Baab, N. (2021). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Moral Anak Bangsa di Era Globalisasi Kota Jayapura. 3(2), 27–30. https://doi.org/https://jurnal.sttarastamarngabang.ac.id/index.php/DIKMAS
Meteray, B. (2021). Analisis Pemahaman Masyarakat Desa Hedam Kecamatan Heram Kota Jayapura Terhadap Kesadaran Akan Kepedulian Lingkungan Analysis Of The Understanding Of The Community Of Hedam Village , Heram District , Jayapura City Of Awareness Of Environmental Concern. 2.
Ridwan, A., & Dewi, D. A. (2022). Pentingnya Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Tiang Hak Asasi Manusia. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 30–37. https://doi.org/10.31571/pkn.v6i1.2577
Timisela, M., & Tabuni, Y. (2022). Implementasi Nilai Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab dalam Berbagai Profesi di Lingkungan Masyarakat Kota Jayapura. 1.
Wabiser, D. (2022). Factors Affecting The Learning Interest Of Natural Papua Students Towards Mathematics At Sdn Inpres Bertingkat Of Waena. 6(8), 1109–1117.
Wabiser, Y. D., & Irianto, P. (2024). Problematics of Students’ Discipline Value in Academic Activities and Non Academic. Formosa Journal of Science and Technology, 3(2), 355–366. https://doi.org/10.55927/fjst.v3i2.8241
Wabiser, Y. D., & Itlay, S. (2024). Pembuatan Video dan Penggunaan Youtube dalam Meningkatkan Skill, Kemampuan dan Keterampilan Mahasiswa Prodi Pkn Universitas Cenderawasih. Faedah: Jurnal Hasil Kegiatan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 151–157. https://doi.org/https://doi.org/10.59024/faedah.v2i1.1079
Wabiser, Y. D., Itlay, S., Kewarganegaraan, S. P., Kampus, A., Kamp, J., Heram, K., & Jayapura, K. (2023). Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa dengan Modul Elektronik Terintegrasi Model FIVES dalam Pembelajaran Campuran di SD Negeri 01 Abepura Kota Jayapura Improving Students ’ Writing Ability with Integrated Electronic Modules with the FIVES Model in Blended Learning at SD Negeri 01 Abepura , Jayapura City menggunakan modul elektronik untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa . dengan spesifikasi Intel Core i5 dan RAM 8GB , serta aplikasi pembelajaran seperti Google. 3(September).
Wabiser, Y. D., & Makayan, Y. B. (2022). Pemahaman Nasionalisme Indonesia di Antara Masyarakat Papua di Kampung Yabanda Distrik Yaffi Kabupaten Keerom. 3(1).
Wabiser, Y. D., & Makayan, Y. B. (2023). Kegiatan Pengembangan Minat dan Bakat pada Anak-Anak dalam Kegiatan Keagamaan di Distrik Heram Kel. Waena Kota Jayapura. 1(2), 148–152. https://doi.org/https://doi.org/10.59024/jnb.v1i2.480
Wabiser, Y. D., Makayan, Y. B., & Jayapura, K. (2022). Penerapan Pembelajaran PKN untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Materi Bhineka Tunggal Ika di SD Negeri 01 Koya Tengah Kota Jayapura Application of Learning Civics to Increase Learning Motivation on Bhinneka Tunggal Ika Material at SD Negeri 01 Koya Tengah Jayapura City. 2(September).
Wabiser, Y. D., & Meteray, B. (2020). Kedisiplinan Guru dalam Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama di Pinggiran Kota Wamena , Kabupaten Jayawijaya ( Studi Kasus SMP Negeri Walelagama ). Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 1(1), 96–102. https://doi.org/https://doi.org/10.37304/enggang.v1i1.16749
Wabiser, Y. D., & Meteray, B. (2021). Keefektifan Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dalam Kurikulum MBKM di Kota Jayapura. 1(2).
