PENERAPAN METODE THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) DAN HYPNOTEACHING PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINIER DUA VARIABEL (SPLDV) DI KELAS VIII UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI DAN PENGUASAAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMP NEGERI 3 NIMBORAN
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang kemampuan representasi dan penguasaan konsep matematika peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) meningkatkan kemampuan representasi dan penguasaan konsep peserta didik dengan metode TAPPS-Hypno. (2) mengetahui perbedaan kemampuan representasi dan penguasaan konsep antara peserta didik yang diajarkan menggunakan metode TAPPS-Hypno dan peserta didik yang diajarkan dengan menggunakan metode konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu dengan desain penelitian nonequivalent pretest – posttest control group design. Populasi penelitian berjumlah 58 orang yang terdiri dari 3 kelas. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling yaitu sebanyak 36 orang yang terdiri dari 2 kelas. Data kemampuan representasi dan penguasaan konsep peserta didik dikumpulkan melalui pretest dan posttest. Untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi dan penguasaan konsep peserta didik digunakan analisis N-gain. Analisis uji beda digunakan untuk melihat perbedaan kemampuan representasi dan penguasaan konsep yang diajarkan dengan metode TAPPS-Hypno dan peserta didik yang diajarkan dengan metode konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran dengan metode TAPPS-Hypno dapat meningkatkan kemampuan representasi (ekspresi matematika) peserta didik. (2) pembelajaran dengan metode TAPPS-Hypno dapat meningkatkan kemampuan representasi (kata-kata) peserta didik. (3) pembelajaran dengan metode TAPPS-Hypno juga dapat meningkatkan penguasaan konsep matematika peserta didik. (4) terdapat perbedaan kemampuan representasi dan penguasaan konsep matematika antara peserta didik yang diajarkan dengan metode TAPPS-Hypno dan peserta didik yang diajarkan dengan metode konvensional.
 Kata kunci : Metode TAPPS-Hypno, kemampuan representasi, penguasaan konsep matematika, persamaan linier dua variabel.
Downloads
References
Barkley E. E.(2005). Collaborative Learning Techniques. San Francisco : Jossey – Bass
Effendi L.A.(2012). Pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing untuk meningkatkan kemampuan representasi dan pemecahan masalah matematis siswa SMP. [jurnal online].
Tersedia : Http://www.e-journal/UPI.web/math.htm [8-9-2014/9.54]
Emzir.(2007). Metodologi penelitian pendidikan kuantitatif & kualitatif; edisi revisi. Jakarta: Grafindo Persada
Hudoyo, H.(2012). Representasi belajar berbasis masalah. Journal matematika atau pembelajarannya. ISSN:085-7792. Tahun VIII : Edisi Khusus
Miller G. (2011) Effect of thinking aloud pair problem solving on secondary – level students performance in career and technical education courses. [jurnal online].
Tersedia: Http://www.journal/Agricultural.Education/vol.52.web/math.htm
-9-2014/12.02]
Naryestha E, dkk.(2014). Model pembelajaran kooperatif TAPPS berbantuan LKS berpengaruh terhadap hasil belajar matematika. [jurnal online]. Tersedia : Http://www.e-journal/mimbarPGSD/vol.2.web/math.htm [8-9-2014/5.55]
NCTM.(2000). Principles and standards for school mathematics (online).
Tersedia : Http://www.NCTM.org, or by contacting [14-3-2015]
Noer, M.(2010). Hypnoteaching for success learning. Yogyakarta : PT. Pustaka Insan Madani
Pate. L. M(2014) Effect of thinking aloud pair problem solving on the troubleshooting performance of undergraduate agriculture students in a power technology course. [jurnal online].
Tersedia:Http://www.journal/Agricultural.Education/vol.45.web/math.htm [8-9-2014/10.02]
Pratiwi S.(2013). Pengaruh penerapan model pembelajaran Hypnoteaching terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas X SMA Swasta PAB 6 Medan Tahun ajaran 2013/2014. [jurnal online]
Sudjana.(2005). Metode statistika. Bandung : Tarsito Bandung
Sugiyono.(2013). Metode Penelitian Pendidikan pendekatan kualitatif, kuantitaf, dan R&D. Bandung : Alfabeta
Sugiyono.(2013). Statistika untuk penelitian. Bandung : Alfabeta
Suhendra, dkk.(2001). Strategi pembelajaran matematika kontemporer. Bandung : JICA – UPI
Suherman, E.(2003). Evaluasi proses dan hasil belajar matematika. Jakarta : Universitas Terbuka
Sukaesih, E.(2009). Efektivitas penggunaan metode TAPPS untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa Lembang [online].
Tersedia : Http://terasafit.wordpress.com/2009/01/26/strategi-belajar-TAPPS.[14-4-2015]
Trianto.(2011). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta : kencana prenada media group
Wibisono Y.(2003). Petunjuk instalasi dan pengoprasian Anates Versi 4. Bandung : UPI
Yustisia, N.(2012). Hpnoteaching seri seni mengeksplorasi otak peserta didik Yogyakarta : Ar-Ruzz Media