EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG SISI LENGKUNG TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX SMPN 5 JAYAPURA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Authors

  • Evy Pujirahayu SMP Negeri 5 Jayapura
  • Happy Lumbantobing Universitas Cenderawasih
  • Pitriana Tandililing Universitas Cenderawasih

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar matematika dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari model pembelajaran langsung (konvensional). (2) Adanya perbedaan antara hasil belajar matematika pada siswa yang memiliki tingkat motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah. (3) Adanya  interaksi penerapan model pembelajaran dengan tingkat motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. Penelitian eksperimental semu ini menggunakan 2 kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelompok kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMP Negeri 5 Jayapura tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 236 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 69 siswa yang terbagi dalam 2 (dua) kelompok yaitu: kelas XI B yang berjumlah 34 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI A yang berjumlah 35 siswa sebagai kelompok kontrol. Instrumen pengumpulan data adalah lembaran kuisioner dan tes soal esay, kuisioner diberikan sebelum pembelajaran berlangsung dan tes esay setelah pembelajaran tentang bangun ruang sisi lengkung selesai diajarkan. Pembelajaran berlangsung selama 3 kali pertemuan. Kemudian data yang di peroleh dianalisis dan di uji statistik parametrik ANAVA dua jalur dengan bantuan SPSS Release 17,0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tiga hipotesis yang diajukan (1) menunjukan perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran model Problem Based Learning dengan model pembelajaran langsung, nilai sig 0,000 < 0,05, (2) ada interaksi yang signifikan antara tingkat motivasi siswa dengan hasil belajar matematika nilai sig 0,000 <  0,05. (3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar siswa dalam mempengaruhi hasil belajar. Nilai sig 0,568 > 0,05.

 Kata kunci: Problem Based Learning, Pembelajaran Langsung, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arsyad, A. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Perkasa.

Budiyono. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta : UNS Press.

Departemen Pendidikan Nasional.2003. Pedoman Pengembangan Instrumendan Penilaian Ranah Afektif.http://www.depdiknas.go.id/jurnal/40 (19Juli 2014)

Depdiknas Pusat Bahasa. 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Jakarta :Balai Pustaka.

Hamalik. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara

Kemdikbud (2013). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 SMP/MTs Matematika. Jakarta: BPSDMP dan PMP Kemdikbud.

Ruseffendi.E.T. 1988. Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensi Dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA. Remaja Karya.Bandung.

Sanjaya, Wina (2007). Kajian Kurikulum dan Pembelajaran. SPs UPI : Bandung

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2007. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suciati, dkk. 2007. Belajar dan Pembelajaran 2. Jakarta: Universitas Terbuka.

Suprijono, Agus. 2012. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Syah, M. 2003. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Uno, Hamzah B. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di BidangPendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Waluya., B. Surarso. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konstruktivisme Berbasis Humanistik dengan Metode Two Stay Two Stray Berbantuan CD Interaktif pada Materi Geometri Dimensi Dua Kelas X. Aksioma

Wena, Made. 2010. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu TinjauanKonseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Wijaya Adi, 2014. Contoh Penerapan Model Problem Based Learning Matematika SMP kelas VII. Pusat pengembangan dan pemberdayaan pendidik dan Tenaga kependidikan (PPPPTK) matematika

Downloads

Published

2018-05-22

Issue

Section

Articles