ANALISIS KESALAHAN JAWABAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA PADA MATERI VOLUME BALOK DI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 2 JAYAPURA

Authors

  • Nurul Khotimah Universitas Cenderawasih
  • Matius Pai'pinan Universitas Cenderawasih
  • Pitriana Tandililing Universitas Cenderawasih

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitan deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan jenis kesalahan apa saja yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi volume balok kelas VIII SMP Negeri 2 Jayapura dan untuk mendeskripsikan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita pada materi volume balok kelas VIII SMP Negeri 2 Jayapura. Penentuan subjek menggunakan teknik  purposive sampling. Subjek pada penelitian ini berjumlah tiga orang yang diambil dari siswa kelas VIII-F SMP Negeri 2 Jayapura. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Tes yang digunakan berbentuk tes uraian sebanyak tiga butir soal. Validasi data dilakukan menggunakan triangulasi waktu. Berdasarkan hasil penelitian jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada materi volume balok adalah kesalahan terjemahan, yaitu tidak lengkap menuliskan apa yang diketahui dan salah dalam menuliskan apa yang ditanya. Kesalahan konsep, yaitu tidak menuliskan rumus-rumus dasar matematika untuk menyelesaikan soal dan salah dalam menentukan rumus-rumus yang digunakan untuk menyelesaikan soal, kesalahan strategi yaitu salah dalam menentukan langkah-langkah dalam penyelesaian soal. Kesalahan hitung yaitu salah menghitung dalam menyelesaikan soal. Faktor-faktor penyebab siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan volume balok adalah tidak memahami soal dengan baik, tidak ingat dengan rumus volume balok, tidak teliti dalam mengerjakan soal, terburu-buru dalam menyelesaikan soal, dan tidak memeriksa kembali hasil pekerjaannya.

 Kata kunci: Analisis, kesalahan siswa, volume balok.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Sahriah, S. 2012. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Operasi Pecahan Bentuk Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang.(Online).

Soedjadi, R. 2001. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Surabaya: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Suwarto. 2013. Pengembanagan Tes Diagnostik Dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Suyoto, B. S. S. 2006. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Batam Centre: Karisma Publishing Group.

Downloads

Published

2018-05-22

Issue

Section

Articles