IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS SE-KOTA JAYAPURA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Penulis

  • Hayati Wear SMA Pembangunan V Yapis Waena
  • Happy Lumbantobing Universitas Cenderawasih
  • Yosefin Rianita Hadiyanti Universitas Cenderawasih

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Se-Kota Jayapura pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015, selama 5 bulan yaitu dari bulan Januari sampai bulan Mei 2015. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika di SMA Se-Kota Jayapura tahun pelajaran 2014/2015 melalui  pemahaman guru matematika tentang perubahan, desain pembelajaran, buku paket, penerapan proses pembelajaran saintifik dan penilaian autentik, serta struktur dan pengembangan dalam kurikulum 2013. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif  dengan pendekatan kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah guru matematika dan kepala sekolah di Kota Jayapura. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk analisis datanya peneliti menggunakan model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pemahaman guru matematika tentang perubahan kurikulum 2013 Sangat Baik (SB), pemahaman guru matematika tentang desain pembelajaran dalam kurikulum 2013 Sangat Baik (SB), pemahaman guru matematika tentang buku paket kurikulum 2013 Sangat Baik (SB), pemahaman guru matematika tentang penerapan proses pembelajaran saintifik sudah Baik dan pemehaman guru matematika tentang penilaian autentik Cukup (C) serta pemahaman guru matematika tentang pengetahuan mengenai struktur dan pengembangan kurikulum 2013 Sangat Baik (SB). Saran kepada Pemerintah khususnya pemerintah Kota Jayapura dalam hal ini Dinas P dan P dengan LPMP sebaiknya saling bersinergi untuk mengadakan suatu bentuk pelatihan yang mendalam tentang kurikulum 2013 dengan waktu yang memadai sehingga hasilnya lebih maksimal dan dapat memperlancar implementasi kurikulum 2013 dan untuk Bapak dan Ibu guru, mulailah untuk membuka diri untuk menerima hal-hal baru demi menuju sukses yang besar dalam pendidikan dengan suka cita melalui implementasi Kurikulum 2013 dan untuk Tim Pendamping kalau bisa pemerintah memilih atau menunjuk guru-guru yang memang sangat berkompeten dibidangnya sehingga dapat membagi ilmunya secara efektif.

 Kata Kunci: Implementasi, Kurikulum 2013, Mata Pelajaran Matematika SMA

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Abdulah Idi, 2014, Pengembangan Kurikulum, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Imas Kurinasih dan Berlin Sani, 2014, Implementasi Kurikulum 2013, Surabaya: Kata Pena

Kaelan, 2012, Metode Penelitian Kualitatif Interdisipliner, Yogyakarta: Paradigma

Martinis Yamin, 2013, Strategi dan Metode dalam Modul Pembelajaran, Jakarta: Gaung Persada Press Jakarta

Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto, 2010, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta

W.J.S. Poerwadarminta, 2003, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta Timur: Balai Pustaka

Diterbitkan

2018-05-22

Terbitan

Bagian

Articles