MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES PESERTA DIDIK PADA MATERI REDOKS DAN SEL ELEKTROLISIS

Authors

  • LHONY LAISNIMA SMA Kristen YABT Manokwari, Papua Barat, Indonesia
  • TIURLINA SIREGAR Program Studi Magister Pendidikan IPA UNCEN, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31957/jipi.v8i2.1237

Keywords:

Modules, STEM, Process Skills, Redox and Electrolysis Cells

Abstract

This research is a research and development that aims to find out, increase learning outcomes and process skills of students using the Chemistry module by using the module development method. The sample of the research class XII IPA YABT Christian High School. The results showed that: Increased student learning outcomes n-Gain an average of 0.53 with a moderate category. Improved students' process skills by using STEM-based modules on redox material and Electrolysis Cells in the skilled category (78%).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, 2010. Prosedur Penelitian, Suatu Studi Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka;

Depdiknas, (2016). Pedoman Pelaksanaan Pengembangan Materi Pembelajaran dan Pengembangan Pembelajaran Kontekstual (CTL) Sekolah Menengah Atas (SMA). Jakarta: Kemendiknas;

Hanover, 2011, K-12 STEM Education Overview. Washington DC: Hanover Researc;

Irawati, Yusuf Bungkang, 2018, Pengembangan Modul Fisika Berbasis Karakter Dengan Pendekatan Stm Pada Pokok Bahasan Kinematika Gerak Lurus Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Darul Ma’arif Numbay Jayapura, Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, Vol 6 No 1, hal 27 -36;

Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. andung:Alfabeta;

Sugiyono, 2016. Metode Penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta;

Siregar, Tiurlina. 2011. Korosi dan Mekanisme Inhibisi Aluminium. Logoz publishing;

Torlakson. T, 2014. Berinovasi: Cetak Biru Untuk Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika di California Public Education. California: State Superintendent of Public Instruction.

Downloads

Published

2020-06-16

How to Cite

LAISNIMA, L., & SIREGAR, T. (2020). MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES PESERTA DIDIK PADA MATERI REDOKS DAN SEL ELEKTROLISIS. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 8(2), 84–90. https://doi.org/10.31957/jipi.v8i2.1237

Issue

Section

Articles

Citation Check