PENGEMBANGAN MODUL IPA TERPADU BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI TEKANAN ZAT
DOI:
https://doi.org/10.31957/jipi.v8i3.1335Keywords:
Development of learning modules, based on scientific literacy, substance pressureAbstract
Downloads
References
Abidin, Y, 2014, Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013, Bandung, Refika Aditama;
Abulia Realita, Sukarmin, dan Sarwanto, 2016, Pengembangan Modul Fisika Berbasis Sains Teknologi Masyarakat (STM) pada Materi Fluida Statis Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X, Jurnal Inkuiri Magister Pendidikan Sains, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta;
Desvita Astari Djamion, 2018, Pengembangan Modul IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Materi Kalor Dan Perpindahannya Peserta Didik Kelas VII MTs Muhammadiyah Jayapura, Papua, Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, Vol 6 (2) 14 – 23;
Firman, H. 2007, Analisis Literasi Sains Berdasarkan Hasil PISA Nasional Tahun 2006, Jakarta, Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Depdiknas;
Ita Risahondua, 2018, Pengembangan Modul IPA Terpadu Materi Gerak Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Hikmah Yapis Jayapura, Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia Vol 6 (2) 47 - 53;
OECD, 2013, PISA 2015 Draft Science Framework. OECD, Paris, OECD;
_____, 2014, PISA 2012 Result in Focus, What 15 – Year – Olds Know and WhatThey can Do with What They Know (Student Performance in Mathematics, Reading and Sciences), Paris, OECD;
Rusilowati, 2013, Peningkatan Literasi Sains Peserta didik melalui Pengembangan Instrumen Penilaian, Pidato Pengukuhan Profesor Unnes Semarang;
Simon Kalemben, Basa T. Rumahorbo dan Johnson Siallagan, 2018, Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains, Minat, Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fotosintesis Di Kelas VIII SMP Negeri 9 Jayapura, Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, Vol 6 (3) 62 – 70;
Trianto, 2011, Model Pembelajaran Terpadu, Jakarta, Bumi Aksara