PERBEDAAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DAN TIPE Student Team Achievements Division (STAD) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI KELAS IX SMP NEGERI 1 NABIRE
DOI:
https://doi.org/10.31957/jipi.v5i3.316Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perbedaan penggunaan model pembelajaran koopeatif tipe Jigsaw dan tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi Sistem Ekskresi Kelas IX SMP Negeri 1 Nabire, (2) Pengaruh motivasi belajar siswa pada kelas yang menggunakan model model pembelajaran koopeatif tipe Jigsaw dan tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi Sistem Ekskresi Kelas IX SMP Negeri 1 Nabire, (3) peningkatan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa pada materi Sistem Ekskresi Kelas IX SMP Negeri 1 Nabire dengan menggunakan model model pembelajaran koopeatif tipe Jigsaw dan tipe STAD. Desain penelitian menggunakan Pretest-Postest Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) Ada perbedaan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi Sistem Ekskresi kelas IX SMP Negeri 1 Nabire, dibuktikan melalui Asymp.sig (2-tailed) yang dihasilkan sebesar 0,000 dari T test dan t hitung  > t tabel , n-Gain kelas eksperimen I sebesar 0,82 dan n-Gain kelas eksperimen II sebesar 0,65,(2)Ada pengaruh motivasi belajar pada kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe STAD terhadap hasil belajar pada materi Sistem Ekskresi kelas IX SMP Negeri 1 Nabire, dibuktikan melalui Asymp.sig (2-tailed) yang dihasilkan sebesar 0,000 dari T test. Motivasi pada kelas eksperimen sebanyak 83,2% sedangkan motivasi pada kelas eksperimen II sebanyak 63,5%, (3) Ada peningkatan pemahaman konsep dan hasil belajar siswa pada materi Sistem Ekskresi kelas IX SMP Negeri 1 Nabire dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan tipe STAD yaitu sebesar 0,82 dan 0,65
Kata Kunci : Jigsaw, STAD, Motivasi, Hasil Belajar, Sistem Ekskresi