EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DAN NHT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 ILAGA

Authors

  • RETNO WURI SULISTYOWATY
  • IRFAN WAHYUDI

DOI:

https://doi.org/10.31957/jipi.v5i3.317

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) Model pembelajaran tipe NHT lebih efektif daripada tipe TPS. (2) Siswa motivasi belajar tinggi lebih efektif daripada siswa dengan motivasi sedang dan rendah (3) Interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar siswa. (4) Peningkatan hasil belajar menggunakan model pembelajaran tipe TPS dan tipe NHT. Sampel yang diambil yaitu kelas VII A dan VII B dengan jumlah siswa 60 siswa. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran tipe NHT lebih efektif daripada yang diajar dengan tipe TPS dengan selisih rata-rata nilai 0,16. (2) Hasil uji analisis anava menunjukkan Fobs = 115,85 dengan taraf signifikan α = 0,05 yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang mempunyai motivasi tinggi lebih efektif daripada siswa dengan motivasi sedang dan rendah, serta siswa yang mempunyai motivasi sedang lebih efektif daripada siswa motivasi rendah. (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran tipe TPS dan model pembelajaran tipe NHT pada siswa yang mempunyai motivasi tinggi, sedang maupun rendah terhadap hasil belajar matematika F =1,58 > Ftabel=0,215. (4) Terdapat peningkatan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran tipe TPS dan tipe NHT, diperoleh n-Gain sebesar 0,34 pada kategori sedang.

Kata kunci: TPS, NHT, Motivasi, Hasil Belajar Matematika, Bilangan Bulat

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-06-28

How to Cite

SULISTYOWATY, R. W., & WAHYUDI, I. (2018). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS DAN NHT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN BILANGAN BULAT DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 ILAGA. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 5(3), 23–29. https://doi.org/10.31957/jipi.v5i3.317

Issue

Section

Articles

Citation Check