PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 NABIRE
DOI:
https://doi.org/10.31957/jipi.v5i3.320Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif NHT terhadap motivasi belajar siswa dan pengaruh model pembelajaran kooperatif NHT terhadap hasil belajar siswa pada sistem peredaran materi. Jenis penelitian ini adalah studi eksperimental yang melibatkan dua kelompok atau kelas eksperimen kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif NHT dan kontrol kelas dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan beberapa perbedaan motivasi siswa untuk menggunakan model pembelajaran kooperatif NHT dan penggunaan model konvensional, dapat dilihat dari perbedaan skor yang diperoleh kelas eksperimen 84,24% dengan nilai total 138,25 dan kelas kontrol 82,99% dengan nilai total 136,10. Hasil perbedaan kelas dan kelas NHT secara konvensional diperoleh sig <0,05 (0,000 <0,05) berarti ada perbedaan penggunaan model pembelajaran kooperatif NHT terhadap motivasi belajar siswa. Demikian pembelajaran kooperatif tipe NHT untuk mengetahui hasil pada sistem peredaran material n-Gain yang diperoleh adalah 0,70 untuk kelas konvensisonal dan kelas NHT 0,58. NHT termasuk kategori kelas tinggi, sedangkan kategori kelas konvensional kelas, ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran kooperatif NHT dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Ada perbedaan hasil belajar siswa antara kelas dan kelas NHT thit <t tabel (0,02 <0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif NHT dan bahwa dengan menggunakan model konvensional pada sistem perumusan materi pelajaran kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Kabupaten 1 Nabire.
Kata kunci:Â NHT, motivasi, hasil belajar, sistem peredaran darah.