PENGARUH PEMBERIAN TUNJANGAN SERTIFIKASI GURU DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU MIPA SMA DI KABUPATEN JAYAPURA
DOI:
https://doi.org/10.31957/jipi.v1i2.329Abstract
Telah dilakukan penelitian tentang pengaruh pemberian tunjangan sertifikasi guru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru MIPA SMA di Kabupaten Jayapura. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tunjangan sertifikasi guru (X1), Motivasi Kerja (X2), dan secara bersama-sama pemberian tunjangan sertifikasi guru (X1), Motivasi Kerja (X2) terhadap kinerja guru MIPA SMA di Kabupaten Jayapura (Y). Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif berbentuk korelasional. Teknik sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Hasil penelitian menunjukkan (1) ada hubungan yang cukup kuat antara variabel tunjangan sertifikasi guru (X1) terhadap kinerja guru MIPA SMA di Kabupaten Jayapura (Y) sebesar r = 0,595, sedangkan besarnya sumbangan tunjangan sertifikasi guru terhadap kinerja guru MIPA SMA di Kabupaten Jayapura sebesar r square = 0,354 = 35,40%. (2) ada hubungan yang kuat antara variabel motivasi kerja (X2) terhadap kinerja guru MIPA SMA di Kabupaten Jayapura (Y) adalah r = 0,679, sedangkan besarnya sumbangan motivasi kerja terhadap kinerja guru MIPA SMA di Kabupaten Jayapura sebesar r square = 0,461 = 46,10%. (3) secara bersama-sama variabel tunjangan sertifikasi guru ( X1) dan motivasi kerja (X2) terhadap kinerja guru MIPA SMA di Kabupaten Jayapura (Y) adalah r = 0,709, hal ini berarti ada hubungan yang kuat antara tunjangan sertifikasi guru dan motivasi kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru MIPA SMA di Kabupaten Jayapura sebesar r square = 0,502 = 50,20%. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara pemberian tunjangan setifikasi guru, motivasi kerja dan secara bersama-sama tunjangan sertifikasi guru, motivasi kerja dan secara bersama-sama tunjangan sertifikasi guru dan motivasi kerja terhadap kinerja guru MIPA SMA di Kabupaten Jayapura.  Â
          Â
Kata Kunci: Tunjangan sertifikasi guru, motivasi kerja guru, dan kinerja guru