PENGARUH METODE EKSPERIMEN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 DUM KOTA SORONG

Authors

  • ANI WAHYUNTARI
  • ALFRED ANTOH

DOI:

https://doi.org/10.31957/jipi.v2i2.337

Abstract

Telah dilakukan Penelitian tentang pengaruh metode eksperimen dan motivasi belajar terhadap penguasaan konsep pada pokok bahasan listrik dinamis siswa kelas IX SMP Negeri  1  Dum  Kota  Sorong.  Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  pengaruh penggunaan  metode  eksperimen  (X1)  terhadap  penguasaan  konsep  (Y),  motivasi belajar (X2) terhadap penguasaan konsep  (Y) serta secara bersama-sama penggunaan metode eksperimen (X1) dan motivasi belajar (X2) terhadap penguasaan konsep (Y). Hasil penelitian ini menunjukan ada pengaruh yang signifikan antara metode eksperimen, motivasi belajar dan secara bersama-sama metode eksperimen dan motivasi belajar terhadap penguasaan konsep pada  pokok  bahasan  listrik  dinamis  pada  siswa  kelas  IX  SMP  Negeri  1  Dum  Kota Sorong.

 

Kata  Kunci  :  Metode  Eksperimen,  Motivasi  Belajar,  Penguasaan  Konsep Fisika

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-07-02

How to Cite

WAHYUNTARI, A., & ANTOH, A. (2018). PENGARUH METODE EKSPERIMEN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 1 DUM KOTA SORONG. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 2(2), 43–53. https://doi.org/10.31957/jipi.v2i2.337

Issue

Section

Articles

Citation Check