PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X SMA YPPK AGUSTINUS KOTA SORONG
DOI:
https://doi.org/10.31957/jipi.v3i1.346Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1. Desain pembelajaran dengan model pembelajaran tipe Jigsaw yang dapat diimplementasikan dengan lebih mudah dan menarik perhatian siswa dengan belajar dalam kelompok-kelompok kecil setidaknya 5 orang, baik pada kelompok dasar dan kelompok ahli untuk menjadi mampu menemukan konsep sendiri sehingga siswa menjadi terampil, aktif, dan dapat meningkatkan prestasi belajar terutama pada bahan struktur atom 2. Cari tahu efektivitas penerapan pembelajaran kooperatif, jigsaw-tipe model dengan membandingkan dua kelas belajar yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen keaktifan dan hasil belajar pada materi struktur atom di kelas X dengan kelompok masing-masing studi dari 31 siswa. Analisis analisis data yang digunakan adalah normalitas, homogenitas, dan uji T sehingga hasil penelitian rata-rata N-Gain dari kelas eksperimen dari 0,68 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol 0,53. Hal ini jelas terlihat bahwa materi struktur atom yang lebih mudah untuk belajar menggunakan model pembelajaran jigsaw-jenis karena model yang disediakan kemerdekaan berpikir belajar dan menganalisis secara sederhana dan tidak keluar dari konsep yang ada sehingga hasilnya terbukti sesuai dengan konsep
Kata kunci: Jigsaw-jenis, keaktifan, hasil, struktur atom