PENGARUH METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR, MINAT BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS XI ILMU ALAM MAN MODEL SORONG

Authors

  • BUDI PANGERTI

DOI:

https://doi.org/10.31957/jipi.v3i1.348

Abstract

. Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui (1) Pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap motivasi belajar pada pelajaran Matematika Kelas XI Ilmu Alam MAN Model Kota Sorong . (2) Pengaruh metode tutor sebaya terhadap minat belajar pada pelajaran Matematika kelas XI Ilmu Alam MAN Model Kota Sorong  (3) Pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar pada pelajaran Matematika kelas XI Ilmu Alam MAN Model Kota Sorong. Penelitian ini terdiri dari empat variabel dimana terdiri dari 1 variabel bebas dan 3 variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Metode pembelajaran tutor sebaya memiliki pengaruh secara signifikan terhadap motivasi belajar ssiwa pada pelajaran matematika kelas XI Ilmu Alam MAN Model Kota Sorong. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis uji regresi yang menunjukkan bahwa (Fhitung  = 159,651) > (Ftabel = 4,17) atau nilai sig 0,0000 <  0,05 pada taraf signifikan 5%. (2) Metode pembelajaran tutor sebaya memiliki pengaruh secara signifikan terhadap minat belajar ssiwa pada pelajaran matematika kelas XI Ilmu Alam MAN Model Kota Sorong. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis uji regresi yang menunjukkan bahwa (Fhitung  = 333,379) > (Ftabel = 4,17) atau nilai sig 0,0000 <  0,05 pada taraf signifikan 5%. (3) Metode pembelajaran tutor sebaya memiliki pengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar ssiwa pada pelajaran matematika kelas XI Ilmu Alam MAN Model Kota Sorong. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis uji regresi yang menunjukkan bahwa (Fhitung  = 5,502) > (Ftabel = 4,17) atau nilai sig 0,026 <  0,05 pada taraf signifikan 5%.

Kata Kunci: Metode Tutor Sebaya, Motivasi Belajar, Minat Belajar, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-07-03

Issue

Section

Articles