PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THIRNK PAIR SHARE (TPS) DAN PEMAHAMAN KONSEP DASAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 MANOKWARI

Authors

  • JOSEPHINA PAULINA APONNO
  • ALBERT LUMBU

DOI:

https://doi.org/10.31957/jipi.v3i2.353

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa dan pengaruh pemahaman konsep dasar terhadap hasil belajar siswa serta pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan pemahaman terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan eksperimen pre-Experimental designs (Nondesigns) yang melibatkan 30 orang siswa SMA Negeri 1 Manokwari kelas XI IPA tahun pelajaran 2013/2014. Analisis data menggunakan analisis korelasi dan regresiGanda.Hasil analisis data ditemukan: Besarnya pengaruh secara simultan antara model pembelajaran kooperatif tipe TPS (X1) dan pemahaman (X2) terhadap hasil belajar siswa (Y) sebesar 0,757 tergolong kuat. Sedangkan kontribusi secara bersama-sama (simultan) variabel X1dan X2 terhadap Y adalah57,3% dan sisanya 42,7% ditentukan oleh variabel lain. Besar kecilnya hasil belajar dapat diprediksi melalui persamaan regresi Y = -0,522 + 0,499x1 + 0,372x2.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share, Pemahaman konsep dasar, Hasil Belajar, Peluang

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-07-03

How to Cite

APONNO, J. P., & LUMBU, A. (2018). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THIRNK PAIR SHARE (TPS) DAN PEMAHAMAN KONSEP DASAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 MANOKWARI. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 3(2), 23–31. https://doi.org/10.31957/jipi.v3i2.353

Issue

Section

Articles

Citation Check