PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA K E LAS XI IPA SMA NEGERI I MANOKWARI

Authors

  • MARGARETHA PARINDING
  • ALFRED LUMBU

DOI:

https://doi.org/10.31957/jipi.v3i2.354

Abstract

Penelitian  ini bertu ju an unt uk : 1) men getah ui d eskripsi pengaruh pe nera pan mo de l pe mbe la jara n koop erat if t ipe scramble terhadap minat bela jar b io lo gi, 2) men getahu i deskripsi pengaruh  pe nera pan model pe mbe lajaran koo peratif t ipe scramble terhada p hasil be la jar b iolo gi pad a mate ri st ruktur dan fun gsi sel.   Desain p ene lit ia n ada la h Pre-Ek sperimenta l De sign den gan cara “ One -Group   Pretest-Po sttest   De sign†Penelitian ini ada lah Ex-P ost  Facto me mberikan ga mbaran te rha dap pen garu h antar variab e l penelit ia n yan g te rd iri da ri varia be l bebas pen ggu naa n mode l pe mbe lajaara n ko operatif t ipe scramble dan variab e l terikat ad alah minat be laja r da n hasil be la ja r.  Ha sil  pe nelit ian  menun juk kan  (1) terdap at  pengaruh  mode l  pe mbe la ja ran  k ooperat if  tip e scramble terha dap  minat be la jar   d i  mana  t h itun g (2,36 6) > t  ta be l (1 ,697 ),  maka  Ho  d ito la k,  koe fisie n a sign ifik an seda ngkan t hitun g (6,3 17) > t tabel (1,69 7), ma ka Ho d ito lak, koefisie n b sign ifik an.  (2)  te rda pat  pen garuh  model  pembe lajara n  koo peratif  tipe scra mble terhad ap hasil be la jar di ma na t hit ung (3,0 93 ) > t tab el (1,6 97), ma ka  Ho  dito la k koefisie n a signifikan se dan gka n t hitun g (6 ,1 18) t tabel (1,6 97), maka  Ho dito lak, koefisie n b sign ifikan

 Kata Kunci: Mode l Pembela jara n K oo perat if, Tipe Scramble, Minat , Hasil Belajar Biologi

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-07-03

How to Cite

PARINDING, M., & LUMBU, A. (2018). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA K E LAS XI IPA SMA NEGERI I MANOKWARI. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 3(2), 30–36. https://doi.org/10.31957/jipi.v3i2.354

Issue

Section

Articles

Citation Check