PENERAPAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY APPROACH) PADA PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 3 JAYAPURA
DOI:
https://doi.org/10.31957/jipi.v3i2.355Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) adanya perbedaan hasil belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan inkuiri terbimbing dan pembelajaran langsung, (2) adanya perbedaan antara minat belajar yang tinggi, sedang dan rendah dengan hasil belajar. (3) adanya interaksi antara penerapan pendekatan pembelajaran dengan tingkat minat belajar peserta didik terhadap hasil belajar pada materi pokok elastisitas. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experiment dengan sampel 60 orang yang terbagi dalam 2 kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dengan pendekatan inkuiri terbimbing dan pembelajaran langsung dengan nilai sig (0,022) < a, kemudian ada interaksi antara hasil belajar dengan tingkat minat yang tinggi, sedang dan rendah atau ada perbedaan yang signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari a (0,05) atau nilai sig. 0,000 < a. Sementara itu tidak ada interaksi yang signifikan antara penerapan pendekatan pembelajaran dengan tingkat minat belajar peserta didik terhadap hasil belajar karena diperoleh nilai sig 0,175 lebih besar dari a (0,05) atau nilai sig. > a.Â
Â
Â
Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, Minat, Hasil Belajar dan Fisika