PENERAPAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY APPROACH) PADA PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 3 JAYAPURA

Authors

  • RINDU SIHOMBING

DOI:

https://doi.org/10.31957/jipi.v3i2.355

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) adanya perbedaan hasil belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan pendekatan inkuiri terbimbing dan pembelajaran langsung, (2) adanya perbedaan antara minat belajar yang tinggi, sedang dan rendah dengan hasil belajar. (3) adanya interaksi antara penerapan pendekatan pembelajaran dengan tingkat minat belajar peserta didik terhadap hasil belajar pada materi pokok elastisitas. Metode yang digunakan pada penelitian ini  adalah quasi experiment dengan sampel 60 orang yang terbagi dalam 2 kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar dengan pendekatan inkuiri terbimbing dan pembelajaran langsung dengan nilai sig (0,022) < a, kemudian ada interaksi antara hasil belajar dengan tingkat minat yang tinggi, sedang dan rendah atau ada perbedaan yang signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari a (0,05) atau nilai sig. 0,000 < a. Sementara itu tidak ada interaksi yang signifikan antara penerapan pendekatan pembelajaran dengan tingkat minat belajar peserta didik terhadap hasil belajar karena diperoleh nilai sig 0,175 lebih besar dari a (0,05) atau nilai sig. > a. 

 

 

Kata Kunci : Inkuiri Terbimbing, Minat, Hasil Belajar dan Fisika

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-07-03

How to Cite

SIHOMBING, R. (2018). PENERAPAN PENDEKATAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY APPROACH) PADA PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 3 JAYAPURA. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 3(2), 37–49. https://doi.org/10.31957/jipi.v3i2.355

Issue

Section

Articles

Citation Check