PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION ) DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DAN PEMAHAMAN KONSEP PADA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 1 JAYAPURA
DOI:
https://doi.org/10.31957/jipi.v3i3.357Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dalam  meningkatkan pemahaman konsep pada pelajaran matematika siswa kelas XI RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) di SMK Negeri 1 Jayapura, (2) mengetahui perbedaan keaktifan belajar antara kelas yang menerapkan  model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan kelas yang menerapkan pembelajaran konvensional siswa kelas XI RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) di SMK Negeri 1 Jayapura dan (3)  mengetahui perbedaan pemahaman konsep pada pelajaran matematika antara kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan kelas yang menerapkan pembelajaran konvensional siswa kelas XI RPL (Rekayasa Perangkat Lunak)  di SMK Negeri 1 Jayapura. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa siswa kelas XI semester 2 SMK Negeri 1 Jayapura tahun pelajaran 2012/2013. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik sampling purposive . Kelas yang terpilih sebagai sampel penelitian adalah Kelas XI  RPL A sebagai kelas eksperimen dan kelas XI RPL B sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui metode tes dan non tes . Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji persyaratan analisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, N Gain dan uji perbedaan, serta uji hipotesis dengan Uji-T Sampel Independen (Independent t-Test).Hasil  penelitian menunjukkan  bahwa ada  peningkatan  pemahaman konsep pada materi barisan dan deret setelah penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe TAI siswa kelas XI RPL di SMK Negeri 1 Jayapura, dan perbedaan keaktifan belajar antara kelas yang menerapkan  model pembelajaran kooperatif   tipe TAI dan kelas yang menerapkan pembelajaran konvensional siswa kelas XI RPL  di SMK Negeri 1 Jayapura serta ada perbedaan pemahaman konsep pada materi barisan dan deret  antara kelas yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan kelas yang menerapkan pembelajaran konvensional siswa kelas XI RPL  di SMK Negeri 1 Jayapura. Dengan kata lain, penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI pada siswa kelas XI RPL di  SMK Negeri 1 Jayapura tahun pelajaran 2012/2013 dapat meningkatkan keaktifan belajar dan pemahaman konsep pada pelajaran Matematika.
Kata Kunci: Keaktifan Belajar Siswa, Pemahaman Konsep