PENGEMBANGAN MODUL KIMIA TOPIK SIFAT LARUTAN ASAM BASA KELAS XI IPA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR MANDIRI SISWA DI SMA NEGERI 1 TEMINABUAN KABUPATEN SORONG SELATAN

Authors

  • YUANITA INGGRIT DUWIRI
  • TIURLINA SIREGAR

DOI:

https://doi.org/10.31957/jipi.v4i1.368

Abstract

Penggunaan modul dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar   siswa karena melalui penggunaan modul siswa mampu belajar secara mandiri dan tidak selalu tergantung pada guru  maupun pihak lain. Penelitian ini adalah Researchand Development (R & D) yang bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran kimia dan mengetahui efektivitas penggunaan modul dalam proses pembelajaran. Desain yang digunakan adalah jenis oneequivalentpre test-post testdesign. $aµipel penelitian berjumlah 46 siswa yang terbagi dalam dua kelompok yaitu 23 'siswa sebagai kelompok eksperimen yang menggunakan modul pembelajara dan 23 siswa sebagai kelompok control yang tanpa menggunakan modul pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara basil belajar siswa yang belajar dengan menggunakan modul dengan siswa yang belajar tanpa menggunakan modul. Hal ini dapat dilihat hasil analisis uji bedan-gain secara keseluruhan,diperoleb nilai signifikan yang diperoleh 0,000 lebih kecil dari pada 0,05(p<0,05). Oleh karena nilai n-gain secara keseluruhan pada kelas eksperimen yaitu 0,72 lebih tinggi disbanding kelas kontrol yaitu 0,68(0,72>0,68), maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan modul kimia topic sifat larutan asam basa dapat meningkatkan kemampuan belajar mandiri peserta didik sehingga diperoleh hasil belajar yang optimal.

Kata Kunci: Pengembangan,Modul,Belajar Mandiri, Sifat Larutan Asam Basa

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-07-03

How to Cite

DUWIRI, Y. I., & SIREGAR, T. (2018). PENGEMBANGAN MODUL KIMIA TOPIK SIFAT LARUTAN ASAM BASA KELAS XI IPA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR MANDIRI SISWA DI SMA NEGERI 1 TEMINABUAN KABUPATEN SORONG SELATAN. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(1), 54–65. https://doi.org/10.31957/jipi.v4i1.368

Issue

Section

Articles

Citation Check