PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI JAMUR SISWA KELAS X SMA YPK TEMINABUAN KABUPATEN SORONG SELATAN

Authors

  • MALCHATUR DUWIT

DOI:

https://doi.org/10.31957/jipi.v4i2.374

Abstract

Penelitain ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan keaktifan siswa terhadap hasil belajar pada materi jamur. Penelitian ini merupakan jenis eksperimen dan terdiri dari yaitu variable bebas (fasilitas belajar) dan (keaktifan siswa) dan variable terikat (hasil belajar). Data penelitian diambil dengan menggunakan tes dan angket. .Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMA YPK Teminabuan yang berjumlah 30 orang siswa. Untuk uji regresi ganda  hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat kontribusi yang signifikan antara fasilitas belajar dan keaktifan siswa terhadap hasil belajar sebesar 25,0 % dan uji regresi sederhana hasil penelitian menunjukan bahwa, fasiltas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar sebesar 33,0 %. pengaruh keaktifan siswa terhadap hasil belajar siswa diperoleh sebesar 15,0 %. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh secara signifikan antara fasilitas belajar dan keaktifan siswa terhadap hasil belajar siswa SMA YPK Teminabuan Kabupaten Sorong Selatan.

 

Kata Kunci : Fasilitas belajar, keaktifan siswa, dan hasil belajar 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-07-03

How to Cite

DUWIT, M. (2018). PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATERI JAMUR SISWA KELAS X SMA YPK TEMINABUAN KABUPATEN SORONG SELATAN. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(2), 49–56. https://doi.org/10.31957/jipi.v4i2.374

Issue

Section

Articles

Citation Check