PENENERAPAAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA SISWA KELAS V SD YAYASAN BHAKTI MANDALA NABIRE
DOI:
https://doi.org/10.31957/jipi.v4i3.375Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap motivasi belajar pada materi sifat-sifat cahaya di kelas V SD Yayasan Bhakti Mandala. 2) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh metode eksperimen terhadap hasil belajar pada materi sifat-sifat cahaya di kelas V SD Yayasan Bhakti Mandala. 3) Untuk mengetahui apakah ada peningkatan penggunaan metode eksperimen dan motivasi terhadap hasil belajar di kelas V SD Yayasan Bhakti Mandala. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada perbedaan metode eksperimen terhadap motivasi belajar pada materi sifat-sifat cahaya . 2) Ada perbedaan metode eksperimen dan metode konvennsional terhadap hasil belajar pada materi sifat-sifat cahaya. 3)Ada peningkatan penggunaan metode eksperimen dan motivasi terhadap hasil belajar pada materi sifat-sifat cahaya di kelas V SD Yayasan Bhakti Mandala Nabire yang dibuktikan dengan Asymp Sig (2tailed) yang dihasilkan sebesar 0,000 dari t tes an t hit. > t tabel,  n-Gain kelas eksperimen sebesar 0,8 dan n-Gain pada kelas kontrol sebesar 0,6 dan ada pengaruh serta peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunnakan metode eksperimen pada materi sifat-sifat cahaya di kelas V SD Yayasan Bhakti Mandala Nabire yang dibuktikkan melalui Asymp.Sig.(2tailed) yang dihasilkan sebesar 0,000 dari t test yaitu Motivasi belajar siswa pada kelas eksperimen sebanyak 88,41% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 85,06%.
Kata Kunci : Metode Eksperimen, Motivasi, Hasil Belajar, Sifat – Sifat Cahaya.