PENGEMBANGAN MODUL IPA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA TOPIK OBJEK IPA DAN PENGAMATANNYA DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH JAYAPURA

Authors

  • NURCAHYA NURCAHYA
  • BASA RUMAHORBO

DOI:

https://doi.org/10.31957/jipi.v4i3.378

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan judul Pengembangan Modul IPA Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Topik Objek IPA Dan Pengamatannya di Kelas VII SMP Muhammadiyah Jayapura. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: cara merancang modul IPA, tingkat kelayakan modul IPA yang dikembangkan, hasil belajar siswa dengan menggunakan modul IPA, dan efektivitas modul IPA pada topik objek IPA dan pengamatannya di kelas VII SMP Muhammadiyah Jayapura. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah 3D dan menggunakan rancangan nonequivalent group pretest-posttest design. Hasil dalam penelitian ini adalah: 1) cara merancang modul IPA dengan pendekatan kontekstual yang baik yaitu mengumpulkan informasi awal, pembuatan draf, validasi pakar, dan uji coba produk, 2) modul layak untuk dilkembangkan, 3) hasil belajar siswa dengan menggunakan modul IPA meningkat dengan n-Gain: RPP1 0,434, RPP2 0,765, RPP3 0,612 dan rata-rata RPP 0,604 berkategori sedang, 4) modul efektif untuk dikembangkan.

 

Kata kunci: modul IPA, pendekatan kontekstual, objek IPA dan pengamatannya

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2018-07-03

How to Cite

NURCAHYA, N., & RUMAHORBO, B. (2018). PENGEMBANGAN MODUL IPA DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA TOPIK OBJEK IPA DAN PENGAMATANNYA DI KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH JAYAPURA. Jurnal Ilmu Pendidikan Indonesia, 4(3), 35–42. https://doi.org/10.31957/jipi.v4i3.378

Issue

Section

Articles

Citation Check