KOMPETENSI PEDAGOGIK MAHASISWA PROGRAM PENGALAMAN LAPANGAN DALAM PEMBELAJARAN KIMIA MELALUI SCIENTIFIC APPROACH
DOI:
https://doi.org/10.31957/jipi.v6i1.77Abstract
Penelitian ini bertujuan memberikan informasi tentang 1) keterlaksanaan pendekatan saintifik  dalam pembelajaran kimia, serta 2) kompetensi pedagogik yang dibutuhkan oleh seorang calon guru melalui keterampilan dasar mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif dengan menerapkan model kesenjangan. Pengumpulan data menggunakan instrumen lembar observasi dan penilaian dokumen terhadap 11 mahasiswa PPL dan data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) keterlaksanaan pendekatan saintifik berada pada kategori tinggi (64,3% ), dan  2) mahasiswa PPL program studi pendidikan kimia Universitas Cenderawasih telah memiliki kompetensi pedagogik yang diterapkan melalui keterampilan dasar mengajar diantaranya: keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan, keterampilan menyusun skenario/tahapan
pembelajaran, keterampilan mengadakan variasi, keterampilan membimbing diskusi dan keterampilan melakukan evaluasi.
Kata Kunci : kompetensi pedagogik, keterampilan dasar mengajar, mahasiswa PPL, pendekatan
saintifik
Â