PEMANFAATAN ALAT PERAGA PRAKTIK BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA POKOK BAHASAN RANGKAIAN LISTRIK DAN GETARAN
DOI:
https://doi.org/10.31957/.v5i2.1582Abstract
Learning is a complex proces, involving many component inside. One of the component that play a bigest role in learning is the teacher. Teacther has three main roles; as a designer, an executor, and an evaluator. This activity aims to 1) Give train to teacher and student to construct the props for electricity ad it vibration; 2) Develop the understanding of student regarding electricity and vibration subject; 3) Improving teachers ability to use contextual approach in physics learning. The activity conducted at SMA Yapis Nimbokranmg, Jayapura regency. Training is the method use for this activity.
Keywords: : Experiment props, contextual approach, electricity and vibration
Downloads
References
Djamarah Bahri Syaiful dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah kementerian Pendidikan dan Kebudayan. 2011. Panduan Pembuatan Alat Peraga Fisika Sederhana untuk SMA
Marten Kanginan. 2016. Fisika Untuk SMA/MA Kelas XI Kurikulum 2013. Jakarta: Erlangga.
Yudhi Munadi. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta ; GP Press Group
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kharisma Putra Utama.
Gulo Murnilah. (2017). Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Dengan Menggunakan Alat Peraga Sederhana Pada Materi Gerak Melingkar Di Kelas X-5 SMA Negeri 3 Gunungsitoli Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Wahana Inovasi, Volume 6, Nomor 1, halaman 1-14
Ayomi Prasetyarini, Fatmaryanti S. Desy, Akhdinirwanto R. Wakhid. (2014). Pemanfaatan Alat Peraga Ipa Untuk Peningkatan Pemahaman Konsep Fisika Pada Siswa SMP Negeri I Bulus Pesantren Kebumen
Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Radiasi, Volume 2, Nomor 1, Halaman 7-10.
Budiman, A., Inggriani, A.S., Prasetyo, Y.A. Fauziah, Septiana, N . (2016). Model Pembelajaran Ipa Dengan Alat Peraga Sederhana
Untuk Meningkatkan Pemahaman dan Kreativitas Siswa di Mts Ma’arif Cikeruh. Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, Volume 5, Nomor 1, halaman 56-60.