Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Hasil Tes Kognitif Fisika Siswa SMA YPK Diaspora Kotaraja
Abstract
Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan dan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil tes kognitif fisika siswa pada materi rangkaian listrik khususnya rangkaian hambatan listrik seri dan paralel. Penelitian dilakukan di SMA YPK Diaspora Kotaraja tahun pelajaran 2012/2013. Populasi penelitian adalah seluruh kelas X dan sebagai sampel dipilih kelas X-4 dan X-5 dengan jumlah sampel sebanyak 29 orang. Teknik sampling yang digunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan nilai korelasi (r) antara model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil tes kognitif fisika siswa pada materi rangkaian listrik sebesar 0.3801. Nilai r ini memiliki interpretasi hubungan yang lemah. Besarnya sumbangan model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil tes kognitif fisika siswa pada materi rangkaian listrik ditunjukkan oleh nilai koefesien determinan (KP) sebesar 14,4448 %. Hasil uji korelasi PPM menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil tes kognitif fisika siswa pada materi rangkaian listrik. Hasil uji regresi sederhana menunjukkan terdapat pengaruh antara model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap hasil tes kognitif fisika siswa pada materi rangkaian listrik. Persamaan regresi Ŷ =  37,2477 + (0,8878) X dan data berpola linier.
Â
Kata Kunci   : Model pembelajaran kooperatif  tipe Think Pair Share (TPS),  hasil tes  kognitif.
Â