Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru terhadap Kualitas Proses Pembelajaran pada SD di Gugus 1 Distrik Sentani Kabupaten Jayapura

Authors

  • Rini Setiawati Langer Universitas cenderawasih
  • Jan Pieter Universitas cenderawasih

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru terhadap kualitas proses pembelajaran pada SD di Gugus I Distrik Sentani Kabupaten Jayapura. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru secara simultan terhadap kualitas proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah korelasional, dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 84 responden, yaitu semua guru
yang sudah Pegawai Negeri Sipil (PNS) maupun Non PNS, teknik sampel yang digunakan adalah sampel jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: dengan tingkat kepercayaan α = 0,05, terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kualitas proses pembelajaran; terdapat pengaruh kompetensi guru
terhadap kualitas proses pembelajaran; terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kompetensi guru secara simultan terhadap kualitas proses pembelajaran; model regresi linier ganda dalam penelitian ini adalah Ŷ = 30,568 + 0,907X1 + 0,714X2, dengan X1 adalah kepemimpinan kepala sekolah; X2 adalah kompetensi guru; dan Y adalah kualitas proses pembelajaran.


Kata Kunci: Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi Guru, Proses Pembelajaran, Gugus Jayapura

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rini Setiawati Langer, Universitas cenderawasih

Magister pendidikan

Jan Pieter, Universitas cenderawasih

Magister pendidikan

References

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Batafal, I. 2003. Analisis Pengajar: Teori dan Aplikasi dalam Membina Profesional Guru. Jakarta : Bumi Aksara.

Davis, G.A. & Thomas, M.A. 1991. Effective Schools and Effective Teachers. Boston., London, Sydney, Toronto: Allyn and Bacon Inc.

Gibson, J. L, John M. Ivancevich, dan James H. Donnely Jr. (1992), Organisasi: Perilaku, Struktur, dan Proses. Jakarta: Binapura Aksara.

Ivancevich J.M., Konopaske, R., dan Matteson, M.T. 2005. Perilaku dan Manajemen Organisasi. Edisi 7. Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Mulyasa, E. 2003. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Pidarta, 1999. Landasan Pendidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: PT. Bina Rineka Cipta.

Priyatno, D. 2012. Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Robbins, S.P. 2003. Organizational Behavior (10th ed.). Upper Saddle River, N.J.: Prentice-Hall.

Sagala, S. 2011. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfa Beta.

Sallis, E. 2006. Total Quality Management in Education. Edisi Indonesia Cetakan III. Jogjakarta: IRCiSoD.

Sergiovanni, T.J. & Starratt, R.J. 1983. Supervision Human Perspective. New York: McGraw-Hill Book Co.

Siagian. S.P. 2002. Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.

Soetopo. 1984. Manajemen Kepala Sekolah. Yogyakarta: Gadjamada University Press.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta CV.

Stoner, A.F.J. 1994. Manajemen. Alih Bahasa oleh Bakowatun, Wilhelmus W. Jakarta: Midas Surya Grafindo

Terry, G.R. 1995. Principles of Management. Homewood, Illinois: Richard D. Irwin.

Thoha, M. 1990. Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: Rajawali Pers.

Yukl, G. 1993. Leadership and Organizations. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Wahjosumidjo. 2005. Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wibowo, A.G. 2012. Aplikasi SPSS Dalam Penelitian. Yogyakarta: Gava Media.

Downloads

Published

2019-05-29

Issue

Section

Articles