HUBUNGAN ANTARA GAYA KOMUNIKASI KEPALA SEKOLAH DENGAN KINERJA PENDIDIK DI SMK NEGERI 3 JAYAPURA

Penulis

  • MARIA CHRISANTI HOAR Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cenderawasih, Indonesia
  • MEYLANI A TIJOW Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cenderawasih, Indonesia
  • DIKI KURNIAWAN 1Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cenderawasih, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31957/noken.v1i1.1283

Abstrak

This research aims to determine the principal's communication style and the teachers’ performance at SMK Negeri 3 Jayapura, and also to find out the significance relation between both. This was a quantitative research. The population that is used was 110 that is include the principal and the teachers. Sample that is used was 86 people with significant level of 0.05%. Data collection was carried out using questionnaires and documentation. Data analysis was performed using product moment correlation and using SPSS version 23 for windows. Based on the results, this research showed that: (1) The principal’s communication style in SMK Negeri 3 Jayapura is in the high category with a mean of 109.49 and a standard deviation of 11.118. (2) The teachers’ performance in SMK Negeri 3 Jayapura is in the high category with a mean of 157.26 and a standard deviation of 18.671. (3) There is no significant relation between the principal’s communication style and the teachers’ performance at SMK Negeri 3 Jayapura. It showed by rhitung 0,066≤ rtabel 0,220.

Keywords: Communication Style, Teachers, Teacher's performance, com munication and performance of Teachers. 



Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

MARIA CHRISANTI HOAR, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cenderawasih

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cenderawasih

MEYLANI A TIJOW, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cenderawasih

1Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cenderawasih

DIKI KURNIAWAN, 1Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cenderawasih

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Cenderawasih

Referensi

Amalina, D. N. 2015. Gaya Komunikasi Pimpinan PT. Karya Prima Mandiri Abadi. E-proceeding of Management. 2 (3): 4251–4263.

Anggriawan, F. 2017. Gaya Komunikasi Pimpinan Terhadap Motivasi Kerja Karyawan pada PT. PLN di Samarinda. eJournal Ilmu Komunikasi. 5 (4) 260-274.

Alam, A.I.S. 2018. Hubungan Antara Supervisi Akademik Kepala Sekolah dengan Kompetensi Profesional Guru. [Skripsi]. Jayapura: Universitas Cenderawasih.

GTK Dikdas. 2020. Berita: Program Organisasi Penggerak Diharapkan Menginisiasi Lahirnya Sekolah Penggerak. Jakarta: diakses 10 Juni 2020.

Kumara, T.D. 2009. Hubungan Gaya Komunikasi Kepala Sekolah dengan iklim Organisasi di SMA Negeri Kota Probolinggo. [Skripsi]. Malang: Universitas Negeri Malang.

Kurnia. 2016. Pengaruh Komunikasi Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMAN 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa. [Skripsi] Makassar: UIN Alauddin.

Kusuma, R.S. 2019. Hubungan Gaya Komunikasi Pimpinan dengan Kepuasan Komunikasi Karyawan PT. Borwita Citra Prima. [Skripsi] Surabaya: Universitas Katolik Widya Mandala.

Lesomar, N. 2019. Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dengan Kinerja Guru. [Skripsi]. Jayapura: Universitas Cenderawasih.

Muzakir. 2019. Hubungan Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dengan Kinerja Tenaga Kependidikan. [Skripsi]. Jayapura: Universitas Cenderawasih.

Ngalimun. 2017. Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Pustaka Baru Pers.

Sobirin. 2018. Kepala Sekolah, Guru dan Pembelajaran. Bandung: Nuansa Cendekia.

Tubbs, L. Stewart dan Sylvia Moss. 2008. Humman Communication: Prinsip-prinsip Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Widjaja, A.W. 2000. Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta: Rineka Cipta.

Yuwarti, Harti dan Pramudya Yudith Virgiawan. 2013. Hubungan Gaya Komunikasi Pimpinan dan Pegawai dengan Kinerja Pegawai. Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi. 12 (2): 111-123.

Diterbitkan

2020-08-19

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check