STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN DALAM MENGENALI POTENSI AKADEMIK PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.31957/noken.v3i1.2249Kata Kunci:
strategi, potensi akademik, guru PAKAbstrak
Setiap siswa seyogyanya memiliki potensi akademik di masing-masing diri mereka. Guru sebagai pengajar dan pembimbing professional memiliki tugas untuk dapat menggali potensi tersebut. Guru pendidikan Agama juga tidak luput dari tugas ini sebab dalam pendidikan agama tidak hanya potensi akademik saja yang digali namun juga potensi spiritualitas siswa sehingga kecerdasan ini dapat berjalan beriringan. Beranjak dari hal tersebut maka peneliti melakukan sebuah penelitian mengenai bagaimana strategi guru pendidikan Agama Kristen (PAK) menggali potensi akademik peserta didik di SMA Negeri Putussibau. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif analisis. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara mendalam, observasi non partisipatif dan studi dokumen. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan guru melakukan penggalian potensi dengan pendekatan personal kepada para siswa dimulai dari awal pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan penilaian pembelajaran.
Unduhan
Referensi
Badan Pusat Statistik. 2020. Potret Pendidikan Indonesia: Statistik Pendidikan 2020 (Vol. 4301002).
Beis, Y. S., Octavianus, S., & Sari, D. N. 2020. Analisis Implementasi Strategi Belajar Interaktif pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen. Regula Fidei: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 5(September), 148–159.
Bhoki, H., Florentinus, T. S., Sukestiyarno, Y. L., & Suminar, T. 2019. Strategi Peningkatan Produktivitas Guru SMAN di Kabupaten Flores Timur Melalui Organization Citizenship Behavior (OCB). Seminar Nasional Pascasarjana 2019. https://proceeding.unnes.ac.id/index.php/snpasca/article/view/357
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. 2017. Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (fifth). Sage Publications Ltd.
Diener, E. 2013. The science of subjective well-being.
Emmons, R. A., & McCullough, M. E. 2012. The Psychology of Gratitude. In The Psychology of Gratitude. https://doi.org/10.1093/acprof:oso/9780195150100.001.0001
Farida, I. N., & Firliana, R. 2016. Implementasi Metode Profile Matching Untuk Evaluasi Potensi Akademik Penjurusan Siswa MAN 2 Kota Kediri. JURNAL INFOTEL - Informatika Telekomunikasi Elektronika, 8(2), 156. https://doi.org/10.20895/infotel.v8i2.121
Hetharion, W. 2018. Strategi Mengajar Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Tangkole Putai, XV(1), 180–196.
Ishak, M., & Puad, Y. R. 2017. Gaya Mengajar Otoriter Dan Demokratis Terhadap Hasil Gaya Bebas. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2, 96.
McConnell, T. 2019. Acting From Gratitude. In R. Roberts & D. Telech (Eds.), The Moral of Psychological Gratitude (pp. 35–56). Rowman & Littlefield International Ltd.
Pantow, A. G., & Legi, R. E. 2021. Dampak Keterampilan Guru Pendidik Agama Kristen Terhadap Motivasi Belajar Siswa. TELEIOS: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Agama Kristen, 1(2), 155–167. https://doi.org/10.53674/teleios.v1i2.39
Priansa, D. J. 2017. Pengembangan Strategi & Model Pembelajaran. Pustaka Setia.
Septiana, A. 2016. Hubungan Gaya Belajar dan Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa-Siswi Kelas XI SMA Negeri 1 Sangatta Utara Kutai Timur. EJournal Psikologi, 4(2), 165–176.
Singh, K., Junnarkar, M., & Kaur, J. 2016. Measures of positive psychology: Development and validation. In Measures of Positive Psychology: Development and Validation. Springer India. https://doi.org/10.1007/978-81-322-3631-3
Sugiyono, P. D. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alfabeta.
Sukariawan, I. M. A. 2019. Analisis Deskriptif Hubungan Sidik Jari Dengan Tes Potensi Akademik (Tpa). Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2), 52–59.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. Journal NOKEN offers all authors of journal articles allows their research openly available, free access and time restrictions.Journal NOKEN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.Â
Authors who publish with Journal NOKEN agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-ND 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).