INVENTARISASI KOLEKSI (STOCKTAKING) BUKU PERPUSTAKAAN DI SMP PAPUA KASIH
DOI:
https://doi.org/10.31957/noken.v3i1.2251Kata Kunci:
inventarisasi, koleksi buku, perpustakaan, sekolahAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan stocktaking buku perpustakaan di SMP Papua Kasih. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik penelitian melibatkan tiga jenis strategi, yakni observasi, wawancara dan pengumpulan dokumen, melalui responden yakni pustakawan, guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengklasifikasian buku perpustakaan disusun dan diberikan kode serta label untuk mempermudah pustakawan menyusun kembali buku-buku yang ada serta memudahkan para pengunjung untuk menemukan buku yang ingin dibaca. Buku yang sudah rusak, dilaporkan ke bagian manajemen sekolah untuk ditindaklanjuti dalam mengajukan pengadaan buku ke yayasan sekolah. Ditemukan hambatan yang dialami pihak sekolah adalah pengelolaan yang masih bersifat manual sehingga pencarian buku yang tersedia masih sering lebih lama. Selain itu, keberadaan jumlah tenaga kepustakaan yang kurang sehingga proses kegiatan penataan koleksi buku menjadi sedikit lebih terlambat.
Unduhan
Referensi
Dian Sinaga. 2011. Mengelola Perpustakaan Sekolah. Bandung: Bejana.
Handayani, T., & Hartatik, E. S. 2022. Pendampingan Penetapan Nomor Inventaris Koleksi Perpustakaan Di Sd Negeri Manyaran 01 Semarang. 6(Juni), 109–124.
IFLA. 2006. Pedoman Perpustakaan Sekolah IFLA/UNESCO. Tersedia pada laman http://www.ifla.org/VII/s11/ pubs/school-guidelines.htm. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI
Martrianingrum, A. 2016. Manajemen Koleksi Buku Perpustakaan Di Kantor Arsip Dan Perpustakaan Daerah Kota Surakarta. https://digilib.uns.ac.id/manajemen-koleksi-buku-perpustakaan-di-kantor-arsip-dan-perpustakaan-daerah-kota-surakarta-abstrak.Pdf
Nurnina, N., Mulayasana, D., & Hanafiah, N. 2019. Pengembangan Koleksi Buku Perpustakaan Sekolah Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Nusantara Education Review, 1(2), 65–72. Http://Ojs.Spsuninus.Ac.Id/Index.Php/Ner/Article/View/68
Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Undang-Undang No.43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 25 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah.
Perpustakaan Nasional RI. 2011. Standar Nasional Pendidikan Bidang Perpustakaan Sekolah dan Perguruan Tinggi
Priyono, Darmanto. 2018. Manajemen perpustakaan. Jakarta: Bumi Aksara.
Rosyidi, F. R., Prasetyo, D., Rohmadi, R., Auliyani, U. 2017. Pengoptimalan Layanan Perpustakaan Melalui Pengelolaan Bahan Perpustakan/ Sumber Informasi Pada Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri di Wilayah Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas., 8(november). http://www.jurnal.lppm.unsoed.ac.id/ojs/index.php/prosiding/article/view/413
Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta
Sulaiman, A. 2019. Sistem Pengolahan Koleksi Di Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri Dampang Kabupaten BANTAENG.
Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Pepustakaan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. Journal NOKEN offers all authors of journal articles allows their research openly available, free access and time restrictions.Journal NOKEN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.Â
Authors who publish with Journal NOKEN agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-ND 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).