INVENTARISASI KOLEKSI (STOCKTAKING) BUKU PERPUSTAKAAN DI SMP PAPUA KASIH

Penulis

DOI:

https://doi.org/10.31957/noken.v3i1.2251

Kata Kunci:

inventarisasi, koleksi buku, perpustakaan, sekolah

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan stocktaking buku perpustakaan di SMP Papua Kasih. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik penelitian melibatkan tiga jenis strategi, yakni observasi, wawancara dan pengumpulan dokumen, melalui responden yakni pustakawan, guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengklasifikasian buku perpustakaan disusun dan diberikan kode serta label untuk mempermudah pustakawan menyusun kembali buku-buku yang ada serta memudahkan para pengunjung untuk menemukan buku yang ingin dibaca. Buku yang sudah rusak, dilaporkan ke bagian manajemen sekolah untuk ditindaklanjuti dalam mengajukan pengadaan buku ke yayasan sekolah. Ditemukan hambatan yang dialami pihak sekolah adalah pengelolaan yang masih bersifat manual sehingga pencarian buku yang tersedia masih sering lebih lama. Selain itu, keberadaan jumlah tenaga kepustakaan yang kurang sehingga proses kegiatan penataan koleksi buku menjadi sedikit lebih terlambat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Dian Sinaga. 2011. Mengelola Perpustakaan Sekolah. Bandung: Bejana.

Handayani, T., & Hartatik, E. S. 2022. Pendampingan Penetapan Nomor Inventaris Koleksi Perpustakaan Di Sd Negeri Manyaran 01 Semarang. 6(Juni), 109–124.

IFLA. 2006. Pedoman Perpustakaan Sekolah IFLA/UNESCO. Tersedia pada laman http://www.ifla.org/VII/s11/ pubs/school-guidelines.htm. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI

Martrianingrum, A. 2016. Manajemen Koleksi Buku Perpustakaan Di Kantor Arsip Dan Perpustakaan Daerah Kota Surakarta. https://digilib.uns.ac.id/manajemen-koleksi-buku-perpustakaan-di-kantor-arsip-dan-perpustakaan-daerah-kota-surakarta-abstrak.Pdf

Nurnina, N., Mulayasana, D., & Hanafiah, N. 2019. Pengembangan Koleksi Buku Perpustakaan Sekolah Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Nusantara Education Review, 1(2), 65–72. Http://Ojs.Spsuninus.Ac.Id/Index.Php/Ner/Article/View/68

Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Undang-Undang No.43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 25 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah.

Perpustakaan Nasional RI. 2011. Standar Nasional Pendidikan Bidang Perpustakaan Sekolah dan Perguruan Tinggi

Priyono, Darmanto. 2018. Manajemen perpustakaan. Jakarta: Bumi Aksara.

Rosyidi, F. R., Prasetyo, D., Rohmadi, R., Auliyani, U. 2017. Pengoptimalan Layanan Perpustakaan Melalui Pengelolaan Bahan Perpustakan/ Sumber Informasi Pada Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri di Wilayah Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas., 8(november). http://www.jurnal.lppm.unsoed.ac.id/ojs/index.php/prosiding/article/view/413

Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta

Sulaiman, A. 2019. Sistem Pengolahan Koleksi Di Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri Dampang Kabupaten BANTAENG.

Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Pepustakaan

Diterbitkan

2022-07-08

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check