INVENTARISASI KOLEKSI (STOCKTAKING) BUKU PERPUSTAKAAN DI SMP PAPUA KASIH
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan stocktaking buku perpustakaan di SMP Papua Kasih. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik penelitian melibatkan tiga jenis strategi, yakni observasi, wawancara dan pengumpulan dokumen, melalui responden yakni pustakawan, guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengklasifikasian buku perpustakaan disusun dan diberikan kode serta label untuk mempermudah pustakawan menyusun kembali buku-buku yang ada serta memudahkan para pengunjung untuk menemukan buku yang ingin dibaca. Buku yang sudah rusak, dilaporkan ke bagian manajemen sekolah untuk ditindaklanjuti dalam mengajukan pengadaan buku ke yayasan sekolah. Ditemukan hambatan yang dialami pihak sekolah adalah pengelolaan yang masih bersifat manual sehingga pencarian buku yang tersedia masih sering lebih lama. Selain itu, keberadaan jumlah tenaga kepustakaan yang kurang sehingga proses kegiatan penataan koleksi buku menjadi sedikit lebih terlambat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Dian Sinaga. 2011. Mengelola Perpustakaan Sekolah. Bandung: Bejana.
Handayani, T., & Hartatik, E. S. 2022. Pendampingan Penetapan Nomor Inventaris Koleksi Perpustakaan Di Sd Negeri Manyaran 01 Semarang. 6(Juni), 109–124.
IFLA. 2006. Pedoman Perpustakaan Sekolah IFLA/UNESCO. Tersedia pada laman http://www.ifla.org/VII/s11/ pubs/school-guidelines.htm. Jakarta: Perpustakaan Nasional RI
Martrianingrum, A. 2016. Manajemen Koleksi Buku Perpustakaan Di Kantor Arsip Dan Perpustakaan Daerah Kota Surakarta. https://digilib.uns.ac.id/manajemen-koleksi-buku-perpustakaan-di-kantor-arsip-dan-perpustakaan-daerah-kota-surakarta-abstrak.Pdf
Nurnina, N., Mulayasana, D., & Hanafiah, N. 2019. Pengembangan Koleksi Buku Perpustakaan Sekolah Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa. Nusantara Education Review, 1(2), 65–72. Http://Ojs.Spsuninus.Ac.Id/Index.Php/Ner/Article/View/68
Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Undang-Undang No.43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 25 Tahun 2008 tentang Standar Tenaga Perpustakaan Sekolah/Madrasah.
Perpustakaan Nasional RI. 2011. Standar Nasional Pendidikan Bidang Perpustakaan Sekolah dan Perguruan Tinggi
Priyono, Darmanto. 2018. Manajemen perpustakaan. Jakarta: Bumi Aksara.
Rosyidi, F. R., Prasetyo, D., Rohmadi, R., Auliyani, U. 2017. Pengoptimalan Layanan Perpustakaan Melalui Pengelolaan Bahan Perpustakan/ Sumber Informasi Pada Perpustakaan Sekolah Dasar Negeri di Wilayah Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas., 8(november). http://www.jurnal.lppm.unsoed.ac.id/ojs/index.php/prosiding/article/view/413
Sugiyono. 2013. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Bandung: Alfabeta
Sulaiman, A. 2019. Sistem Pengolahan Koleksi Di Perpustakaan Madrasah Aliyah Negeri Dampang Kabupaten BANTAENG.
Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Pepustakaan
DOI: https://doi.org/10.31957/noken.v3i1.2251
DOI (PDF): https://doi.org/10.31957/noken.v3i1.2251.g1844
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 NOKEN : Jurnal Pengelolaan Pendidikan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
Published by:
Program Studi Manajemen Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Cenderawasih
Editorial Office:Jalan Prof.Soegarda Poerbakawatja Distrik Abepura Kota Jayapura Provinsi Papua. Tel/ fax : 082272434768
Email: jurnalnokenuncen@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.