ANALISIS ANGKA PARTISIPASI ANAK PRASEKOLAH PADA PAUD DI PROVINSI PAPUA
DOI:
https://doi.org/10.31957/noken.v3i1.2271Kata Kunci:
angka partipasi, pendidikan pra sekolahAbstrak
Usia prasekolah merupakan The Golden Age bagi anak-anak, dimana pada usia tersebut sel-sel otak anak berkembang pesat. Sehingga sangat disarankan anak diikutsertakan dalam PAUD supaya bisa mendapatkan tambahan asupan pendidikan yang bermanfaat. Penelitian ini difokuskan pada analisis angka partisipasi anak prasekolah yang ada di provinsi Papua. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Sedangkan sumber data terdiri dari sumber data primer yang berasal dari praktisi PAUD Provinsi Papua, dan sumber data sekunder dari publikasi statistik Badan Pusat Statistik Provinsi Papua. Hasilnya, dapat disimpulkan bahwa angka partisipasi anak usia prasekolah pada PAUD dilihat dari Partisipasi Anak Usia 0-6 Tahun yang Sedang/Pernah Mengikuti Pendidikan Prasekolah, Angka Partisipasi Kasar PAUD, dan Angka Kesiapan Sekolah di Provinsi Papua masih berada dalam kategori rendah dan menempati posisi paling bawah dibandingkan provinsi lain seIndonesia. Beberapa persoalan yang melatarbelakangi rendahnya angka-angka tersebut adalah minimnya informasi terkait pentingnya PAUD untuk anak usia prasekolah baik di pedesaan maupun di kalangan keluarga dengan status ekonomi bawah. Selain itu, komitmen antara pemerintah pusat dan daerah juga perlu ditingkatkan untuk menjawab keperluan daerah pedesaan yang masih minim PAUD. Sedangkan akar dari permasalahan menurunnya APK dari tahun 2020 ke 2021 disebabkan oleh karena kondisi dan situasi dari pandemi Covid-19, yang mempengaruhi antusias orang tua dalam menyekolahkan anaknya di PAUD.
Unduhan
Referensi
Amiliya, R. & Giantara, F. 2021. Dampak Pandemi Covid-19 pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Abyadh, ( 4(2), 116-125.
Anas,A.Y., Riana, A. W.,& Apsari, N.C. 2015. Desa dan Kota Dalam Potret Pendidikan. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 418-422 https://doi.org/10.24198/jppm.v2i3.13592
Badan Pusat Statistik. 2021. Potret Pendidikan Indonesia Statistik Pendidikan 2021. Jakarta: BPS
Badan Pusat Statistik Provinsi Papua. 2022. Indikator Pendidikan Provinsi Papua Tahun 2021. Jayapura: BPS Provinsi Papua
Barnett, W. S. 2008. Preschool Education and its Lasting Effects: Research and policy implications. Boulder and Tempe: Education and the Public Interest Center & Education Policy Research Unit.
Dewi, Yuliana P., Artika N. 2019. Perbedaan Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah yang mengikuti dan Tidak Mengikuti PAUD. Holistic Nurshing and Health Science 2(1)
Direktorat PAUD. 2021. 23.000 Desa Belum Miliki PAUD, Perlu Komitmen Dukung Usia Emas Dapat Layanan Pendidikan. Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.
Hajati,K. 2018. Pelaksanaan Pendidikan Holistik-Integratif dalam Pelayanan Kebutuhan Dasar Anak Usia Dini di Kabupaten Mamuju Sulawesi-Barat. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 1(1), 17-24. https://doi.org/10.31605/ijes.v1i1.133
Hermoyo, P. R. 2014. Membentuk komunikasi yang efektif pada masa perkembangan. Jurnal Pedagogi, 1(1), 1-12
Ibnu, Indra F., Ummiyah S. 2020. Perbedaan Perkembangan Sosial Anak Usia Prasekolah yang Mengikuti PAUD dan Tidak Mengikuti Paud. Healthy Hidayanti Jurnal Psikogenesis Universitas Yarsi, 8(1)
Istiqomah Anny, Sukidin, & Pudjo, S. 2018. Analisis Partisipasi Pendidikan pada Masyarakat.
Mansur, Arif. 2019. Tumbuh Kembang Anak Usia Prasekolah. Andalas University Press
Nasional, D.P. 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. In Depdiknas. https://doi.org/10.35362/rie280958
Nurjannah, Siti L. 2018. Hubungan Antara Status Sosial Ekonomi dengan Motivasi Orang Tua Menyekolahkan Anak. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Rohmani Nani. Analisis Angka Partisipasi Kasar Pendidikan Anak Usia Dini Di Seluruh Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. ISSN: 2549-8959 https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/262/pdf
Setianingrum, A. P., Iis P. 2021. Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1). 633-640.
Sri Lestari, E. 2015. Analisis Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Semarang, Skripsi, 1-17.
Suryana, D.D.M.P 2007. Dasar-Dasar Pendidikan TK. Hakikat Anak Usia Dini, 1, 1-65.
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002, Tentang Perlindungan Anak
Wulandari, R., Ichsan, B., & Romadhon, Y. A. 2017. Perkembangan Sosial Anak Usia 3-6 Tahun Dengan Pendidikan Usia Dini Dan Tanpa Pendidikan Usia Dini Di Kecamatan Peterongan Jombang. Biomedika, 8(1), 47-53. https://doi.org/10.23917/biomedika.v8i1.2900
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. Journal NOKEN offers all authors of journal articles allows their research openly available, free access and time restrictions.Journal NOKEN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.Â
Authors who publish with Journal NOKEN agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-ND 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).