ANALISIS ANGKA PARTISIPASI ANAK PRASEKOLAH PADA PAUD DI PROVINSI PAPUA

Meylani Aljeinie Tijow, Putri Ellen Gracia Risamasu

Abstract


Usia prasekolah merupakan The Golden Age bagi anak-anak, dimana pada usia tersebut sel-sel otak anak berkembang pesat. Sehingga sangat disarankan anak diikutsertakan dalam PAUD supaya bisa mendapatkan tambahan asupan pendidikan yang bermanfaat. Penelitian ini difokuskan pada analisis angka partisipasi anak prasekolah yang ada di provinsi Papua. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Sedangkan sumber data terdiri dari sumber data primer yang berasal dari praktisi PAUD Provinsi Papua, dan sumber data sekunder dari publikasi statistik Badan Pusat Statistik Provinsi Papua. Hasilnya, dapat disimpulkan bahwa angka partisipasi anak usia prasekolah pada PAUD dilihat dari Partisipasi Anak Usia 0-6 Tahun yang Sedang/Pernah Mengikuti Pendidikan Prasekolah, Angka Partisipasi Kasar PAUD, dan Angka Kesiapan Sekolah di Provinsi Papua masih berada dalam kategori rendah dan menempati posisi paling bawah dibandingkan provinsi lain seIndonesia. Beberapa persoalan yang melatarbelakangi rendahnya angka-angka tersebut adalah minimnya informasi terkait pentingnya PAUD untuk anak usia prasekolah baik di pedesaan maupun di kalangan keluarga dengan status ekonomi bawah. Selain itu, komitmen antara pemerintah pusat dan daerah juga perlu ditingkatkan untuk menjawab keperluan daerah pedesaan yang masih minim PAUD. Sedangkan akar dari permasalahan menurunnya APK dari tahun 2020 ke 2021 disebabkan oleh karena kondisi dan situasi dari pandemi Covid-19, yang mempengaruhi antusias orang tua dalam menyekolahkan anaknya di PAUD.


Keywords


angka partipasi; pendidikan pra sekolah

Full Text:

PDF

References


Amiliya, R. & Giantara, F. 2021. Dampak Pandemi Covid-19 pada Pendidikan Anak Usia Dini. Al-Abyadh, ( 4(2), 116-125.

Anas,A.Y., Riana, A. W.,& Apsari, N.C. 2015. Desa dan Kota Dalam Potret Pendidikan. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 418-422 https://doi.org/10.24198/jppm.v2i3.13592

Badan Pusat Statistik. 2021. Potret Pendidikan Indonesia Statistik Pendidikan 2021. Jakarta: BPS

Badan Pusat Statistik Provinsi Papua. 2022. Indikator Pendidikan Provinsi Papua Tahun 2021. Jayapura: BPS Provinsi Papua

Barnett, W. S. 2008. Preschool Education and its Lasting Effects: Research and policy implications. Boulder and Tempe: Education and the Public Interest Center & Education Policy Research Unit.

Dewi, Yuliana P., Artika N. 2019. Perbedaan Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah yang mengikuti dan Tidak Mengikuti PAUD. Holistic Nurshing and Health Science 2(1)

Direktorat PAUD. 2021. 23.000 Desa Belum Miliki PAUD, Perlu Komitmen Dukung Usia Emas Dapat Layanan Pendidikan. Jakarta: Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini.

Hajati,K. 2018. Pelaksanaan Pendidikan Holistik-Integratif dalam Pelayanan Kebutuhan Dasar Anak Usia Dini di Kabupaten Mamuju Sulawesi-Barat. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 1(1), 17-24. https://doi.org/10.31605/ijes.v1i1.133

Hermoyo, P. R. 2014. Membentuk komunikasi yang efektif pada masa perkembangan. Jurnal Pedagogi, 1(1), 1-12

Ibnu, Indra F., Ummiyah S. 2020. Perbedaan Perkembangan Sosial Anak Usia Prasekolah yang Mengikuti PAUD dan Tidak Mengikuti Paud. Healthy Hidayanti Jurnal Psikogenesis Universitas Yarsi, 8(1)

Istiqomah Anny, Sukidin, & Pudjo, S. 2018. Analisis Partisipasi Pendidikan pada Masyarakat.

Mansur, Arif. 2019. Tumbuh Kembang Anak Usia Prasekolah. Andalas University Press

Nasional, D.P. 2003. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. In Depdiknas. https://doi.org/10.35362/rie280958

Nurjannah, Siti L. 2018. Hubungan Antara Status Sosial Ekonomi dengan Motivasi Orang Tua Menyekolahkan Anak. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Rohmani Nani. Analisis Angka Partisipasi Kasar Pendidikan Anak Usia Dini Di Seluruh Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. ISSN: 2549-8959 https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/262/pdf

Setianingrum, A. P., Iis P. 2021. Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5(1). 633-640.

Sri Lestari, E. 2015. Analisis Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Semarang, Skripsi, 1-17.

Suryana, D.D.M.P 2007. Dasar-Dasar Pendidikan TK. Hakikat Anak Usia Dini, 1, 1-65.

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002, Tentang Perlindungan Anak

Wulandari, R., Ichsan, B., & Romadhon, Y. A. 2017. Perkembangan Sosial Anak Usia 3-6 Tahun Dengan Pendidikan Usia Dini Dan Tanpa Pendidikan Usia Dini Di Kecamatan Peterongan Jombang. Biomedika, 8(1), 47-53. https://doi.org/10.23917/biomedika.v8i1.2900




DOI: https://doi.org/10.31957/noken.v3i1.2271

DOI (PDF): https://doi.org/10.31957/noken.v3i1.2271.g1845

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 NOKEN : Jurnal Pengelolaan Pendidikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Published by:

Program Studi Manajemen Pendidikan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Cenderawasih

Editorial Office:

Jalan Prof.Soegarda Poerbakawatja Distrik Abepura Kota Jayapura Provinsi Papua. Tel/ fax : 082272434768

Email: jurnalnokenuncen@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.