IMPLEMENTASI KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN KEPALA SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 OKSIBIL KABUPATEN PENGUNUNGAN BINTANG PROVINSI PAPUA
DOI:
https://doi.org/10.31957/noken.v3i2.2645Kata Kunci:
implementasi, kepemimpinan pembelajaran, kepala sekolah.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam merumuskan dan mensosialisasikan visi-misi sekolah, menerapkan manajemen partisipasi, memberikan dukungan pembelajaran, pemantauan pembelajaran, dan sebagai fasilitator di SMA Negeri 1 Oksibil Kabupaten Pegunungan Bintang Provinsi Papua. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif rancangan studi kasus. Sumber datanya kepala sekolah, wakasek kesiswaan, guru mata pelajaran, komite sekolah, pengawas dan didukung dengan pengamatan serta pengecekan dokumen. Teknik keabsahan data menggunakan uji kredibilitas data yaitu perpanjangan pengamatan, triangulasi dan diskusi teman sejawat. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif Miles dan Huberman, yaitu : reduksi data, display data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : secara umum, kepala SMA Negeri 1 Oksibil telah mengimplementasikan kepemimpinan pembelajaran yang diwujudkan melalui kegiatan merumuskan dan mensosialisasika visi-misi pada warga sekolah; melibatkan pemangku kepentingan dalam pengelolaan sekolah; memberikan dukungan utama dalam pembelajaran; memantau pelaksanaan proses pembelajaran; memfasilitasi pembinaan guru dalam program PKB guru namun belum optimal dalam melengkapi jurnal mengajar dan kelas, refleksi PTK, dan pengembangan metode-media pembelajaran.
Unduhan
Referensi
Bafadal, I. 2016. Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Kepemimpionan Pembelajaran. Materi Talk Show Peningkatan Mutu Pendidikan di Jawa Timur, Malang: Universitas Negeri Malang.
Basri, 2018. Pelaksanaan Manajemen Partisipatif dalam Meningkatkan Partisipasi Warga Sekolah Menengah Pertama. Suara Guru : Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora 4 (2): 363-369.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2019. Kepemimpinan Perubahan (MPPKS-PIM), Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.
Kusnintardjo, 2014. Kepemimpinan Pembelajaran Oleh Kepala Sekolah, Manajemen Pendidikan. 24 (3): 203-212.
Kurniadi, A. dan Sugiyono 2016. Strategi Sekolah dalam Mewujudkan Visi dan Misi SMA di Kecamatan Kasihan Bantul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan. 4 (2): 179-193.
Mulyasa, E. 2004. Menjadi Kepala Sekolah Profesional: Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK, Bandung: Ronda Karya.
Miles dan Huberman 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI.Press.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah.
Pernama, A. W. dan Karwanto 2020 Gaya Kepemimpinan Partisipasif dalam Upaya Meningkatkan Profesional Guru. Jurnal Dinamika Manajemen Pendidikan (JDMP). 5 (1): 58-67.
Wahyudi, A; Sabar, N; Wafroturohmah. 2019.Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Varidika. 31(2): 47-55.
Wibowo, A.; dan Achadi, B. S. 2022. Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Jurnal Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 13(1): 14-20.
Silfatman, Y.; Lilianti,; dan Nurzaima 2022. Pelaksanaan Supervisi Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran(JPP). 3 (1): 21-29.
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. Journal NOKEN offers all authors of journal articles allows their research openly available, free access and time restrictions.Journal NOKEN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.Â
Authors who publish with Journal NOKEN agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-ND 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).