KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA DINI SELAMA PANDEMI COVID-19 DI TK PATTOLA PALALLO

Penulis

  • NURMI YULIANTI SYARIF STAI Al-Gazali Bone, Indonesia
  • ANDI ITING STAI Al-Gazali Bone, Indonesia
  • MUHAMMAD RUSDU STAI Al-Gazali Bone, Indonesia
  • FEBRIANI SAFITRI Universitas Cenderawsih, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31957/noken.v3i2.2731

Kata Kunci:

Kata kunci, Kompetensi Kepribadian guru, Nilai Agama, Moral, Covid-19

Abstrak

Situasi saat ini, dimana adanya peralihan sistem pembelajaran tatap muka ke daring/online, menjadi tantangan terhadap para guru dalam upaya pencapaian tujuan pendidikan nasional. Dalam hal ini, kompetensi guru diperlukan untuk dapat mengelola pembelajaran di PAUD tanpa mengabaikan internalisasi nilai-nilai agama dan moral kepada anak didiknya.Tujuan penelitian ini guna mengkaji kompetensi kepribadian guru dalam penanaman nilai agama dan moral pada anak usia dini di masa pandemi covid-19 di TK Pattola Palallo. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitain deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan di TK Pattola Palallo pada Tahun Ajaran 2020/2021 sejak pandemi Covid-19 yaitu menggunakan sistem pembelajaran daring (online). Guru memanfaatkan aplikasi What’sApp untuk berkomunikasi dan memberikan pembelajaran kepada peserta didik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Amini, D. U., 2018. Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Kepribadia Guru PAUD ditinjau dari Status Guru di Kecamatan Gantiwarno, Kabupaten Klaten, Surakarta: Prodi PAUD, FKIP, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ananda, R., 2017. Implementasi Nilai-Nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, p. 20.

Anggito, A. & Setiawan, J., 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Dirjen PAUD, 2016. Memahami Pendidikan Anak Usia Dini. [Online]

Available at: http://paud.kemdikbud.go.id/2016/03/30/memahami-pendidikan-anak-usia-dini/

[Accessed 1 Februari 2019].

Fachrunnisa, M., 2016. Kompetensi Kepribadian Guru menurut Pandangan An-Nawawi, Malang: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Trabiyah dan Keguruan, UIN Maulana Malik Ibrahim.

Hermawan, I., 2019. Metode Penelitian Pendidikan, Kuantitatif, Kualitatif, dan Mixed Method. Kuningan: Hidayatul Quran.

Ismail, M. I., 2010. Kinerja dan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran. Lantera Pendidikan, 01 Juli, 13(1), pp. 44-63.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Lampiran I, Standar Isi Perkembangan Anak, Jakarta: Kemdikbud.

Mulyasa, E., 2007. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Nahampun, D., 2017. Kompetensi Kepribadian Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Anak Autis di SLB C Karya Bhakti Purworejo. Jurnal Widia Ortodidaktika, p. 539.

Nurtjahyo, A., 2018. Kompetensi Kepribadian Pendidik PAUD Tentukan Tumbuh Kembang Siswa. [Online]

Available at: https://mediacenter.slemankab.go.id/kompetensi-kepribadian-pendidik-paud-tentukan-tumbuh-kembang-siswa/

[Accessed 5 September 2020].

Pemerintah RI, 2005. Peraturan Pemerintah No. 9 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, Pasal 28 Ayat 3, Jakarta: Pemerintah RI.

Suatrean, R. A. & Jusriana, A., 2016. Hubungan Kompetensi Kepribadian dengan Kompetensi Pedagogik Guru Fisika Madrasah Aliyah Kota Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2).

Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & B. Bandung: Alfabeta.

Diterbitkan

2023-02-26

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check