KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM MENANAMKAN NILAI AGAMA DAN MORAL PADA ANAK USIA DINI SELAMA PANDEMI COVID-19 DI TK PATTOLA PALALLO
DOI:
https://doi.org/10.31957/noken.v3i2.2731Kata Kunci:
Kata kunci, Kompetensi Kepribadian guru, Nilai Agama, Moral, Covid-19Abstrak
Situasi saat ini, dimana adanya peralihan sistem pembelajaran tatap muka ke daring/online, menjadi tantangan terhadap para guru dalam upaya pencapaian tujuan pendidikan nasional. Dalam hal ini, kompetensi guru diperlukan untuk dapat mengelola pembelajaran di PAUD tanpa mengabaikan internalisasi nilai-nilai agama dan moral kepada anak didiknya.Tujuan penelitian ini guna mengkaji kompetensi kepribadian guru dalam penanaman nilai agama dan moral pada anak usia dini di masa pandemi covid-19 di TK Pattola Palallo. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitain deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran yang dilaksanakan di TK Pattola Palallo pada Tahun Ajaran 2020/2021 sejak pandemi Covid-19 yaitu menggunakan sistem pembelajaran daring (online). Guru memanfaatkan aplikasi What’sApp untuk berkomunikasi dan memberikan pembelajaran kepada peserta didik.
Unduhan
Referensi
Amini, D. U., 2018. Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Kepribadia Guru PAUD ditinjau dari Status Guru di Kecamatan Gantiwarno, Kabupaten Klaten, Surakarta: Prodi PAUD, FKIP, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Ananda, R., 2017. Implementasi Nilai-Nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, p. 20.
Anggito, A. & Setiawan, J., 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Dirjen PAUD, 2016. Memahami Pendidikan Anak Usia Dini. [Online]
Available at: http://paud.kemdikbud.go.id/2016/03/30/memahami-pendidikan-anak-usia-dini/
[Accessed 1 Februari 2019].
Fachrunnisa, M., 2016. Kompetensi Kepribadian Guru menurut Pandangan An-Nawawi, Malang: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Trabiyah dan Keguruan, UIN Maulana Malik Ibrahim.
Hermawan, I., 2019. Metode Penelitian Pendidikan, Kuantitatif, Kualitatif, dan Mixed Method. Kuningan: Hidayatul Quran.
Ismail, M. I., 2010. Kinerja dan Kompetensi Guru dalam Pembelajaran. Lantera Pendidikan, 01 Juli, 13(1), pp. 44-63.
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Lampiran I, Standar Isi Perkembangan Anak, Jakarta: Kemdikbud.
Mulyasa, E., 2007. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Nahampun, D., 2017. Kompetensi Kepribadian Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Anak Autis di SLB C Karya Bhakti Purworejo. Jurnal Widia Ortodidaktika, p. 539.
Nurtjahyo, A., 2018. Kompetensi Kepribadian Pendidik PAUD Tentukan Tumbuh Kembang Siswa. [Online]
Available at: https://mediacenter.slemankab.go.id/kompetensi-kepribadian-pendidik-paud-tentukan-tumbuh-kembang-siswa/
[Accessed 5 September 2020].
Pemerintah RI, 2005. Peraturan Pemerintah No. 9 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, Pasal 28 Ayat 3, Jakarta: Pemerintah RI.
Suatrean, R. A. & Jusriana, A., 2016. Hubungan Kompetensi Kepribadian dengan Kompetensi Pedagogik Guru Fisika Madrasah Aliyah Kota Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2).
Sugiyono, 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & B. Bandung: Alfabeta.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. Journal NOKEN offers all authors of journal articles allows their research openly available, free access and time restrictions.Journal NOKEN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.Â
Authors who publish with Journal NOKEN agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-ND 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).