ANALISIS KORELASI: KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DENGAN KOMPETENSI VOKASI GURU

Penulis

  • Agnes Aryesam Universitas Cenderawasih, Indonesia
  • Febi Adriana Mutiara Sogalrey Universitas Cenderawasih, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31957/.v4i2.2873

Kata Kunci:

kepemimpinan, kepala sekolah, vokasi

Abstrak

Kompetensi kejuruan guru adalah suatu kegiatan atau sekali lagi dengan tujuan akhir menggarap keterampilan guru, khususnya dalam kompetensi profesional pada tingkat Sekolah Menengah Kejuruan pimpinan sekolah bertindak sebagai administrator sekolah dan bertugas untuk meningkatkan dan mendayagunakan sumber daya sekolah. sebagai guru atau pembina di sekolah sehingga kepala sekolah memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru agar dapat memberikan pembelajaran di kelas mengikuti perkembangan zaman. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan kepemimpinan kepala sekolah dengan kompetensi kejuruan guru. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis korelasi untuk mencari dan menghitung korelasi antar variabel. Lokasi penelitian yang dipilih adalah SMK Negeri Nabire Provinsi Papua dengan populasi 40 tenaga pengajar dan besar sampel 180 tenaga pendidik. Analisis penelitian menggunakan perhitungan product moment. Hasil yang diminta dinyatakan dalam kategori hipotesis yang dinyatakan pertama, rhitung lebih besar dari rtabel berarti Ha diterima dan jika rhitung tidak lebih dari rtabel berarti Ha ditolak maka H0 diterima. Berdasarkan hasil perhitungan yang dilakukan peneliti dengan menggunakan analisis product moment dengan signifikansi 5% dengan rtabel = 0,148 dan rhitung = 0,311, terlihat bahwa data menunjukkan rhitung lebih besar dari rtabel (0,311 > 0,148) sehingga diperoleh dapat dinyatakan bahwa Ha diterima dan Ho otomatis ditolak. Dapat dikatakan bahwa ada hubungan antara variabel kepemimpinan kepala sekolah dengan variabel kompetensi kejuruan guru.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Artacho, E. G., Martínez, T. S., Ortega Martín, J. L., Marín Marín, J. A., & García, G. G. (2020). Teacher training in lifelong learning-the importance of digital competence in the encouragement of teaching innovation. Sustainability (Switzerland), 12(7). https://doi.org/10.3390/su12072852

Cattaneo, A. A. P., Antonietti, C., & Rauseo, M. (2021). How digitalised are vocational teachers? Assessing digital competence in vocational education and looking at its underlying factors. Computers and Education, 176(October 2021), 104358. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104358

Du Plessis, A. E. (2019). Barriers to effective management of diversity in classroom contexts: The out-of-field teaching phenomenon. International Journal of Educational Research, 93(November 2017), 136–152. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2018.11.002

Edison. (2020). Peran Dan Kompetisi Pendiidkan Vokasi Teknik Elektro Di Era Ri 40. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana Unimed, 20, 533–542.

Graus, M., van de Broek, A., Hennissen, P., & Schils, T. (2022). Disentangling aspects of teacher identity learning from reflective blogs: The development of a category system. Teaching and Teacher Education, 111, 103624. https://doi.org/10.1016/j.tate.2021.103624

Isep Djuanda. (2019). Meningkatkan kompetensi guru sebagai pendidik profesional dalam mengembangkan pembelajaran. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., I(2), 1–11.

Jin, X., Tigelaar, D., van der Want, A., & Admiraal, W. (2022). Novice teachers’ appraisal of expert feedback in a teacher professional development programme in Chinese vocational education. Teaching and Teacher Education, 112, 103652. https://doi.org/10.1016/j.tate.2022.103652

Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2018, Pub. L. No. Nomor 6, 1 (2018). https://doi.org/https://lppksps.kemdikbud.go.id/upload/unduhan/Permendikbud_Nomor6_Tahun2018.pdf

Martinovic, D., & Zhang, Z. (2012). Situating ICT in the teacher education program: Overcoming challenges, fulfilling expectations. Teaching and Teacher Education, 28(3), 461–469. https://doi.org/10.1016/j.tate.2011.12.001

Masniar, T. (2019). Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 4(1), 159–164. https://doi.org/10.17977/um025v4i22020p159

Navaridas-Nalda, F., Clavel-San Emeterio, M., Fernández-Ortiz, R., & Arias-Oliva, M. (2020). The strategic influence of school principal leadership in the digital transformation of schools. Computers in Human Behavior, 112(July). https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106481

Nurhayanti, O. K., Astri Pramitari, I. G. A., Made Budiada, I., & Bali, P. N. (2021). Efektivtias Pembelajaran Daring Pada Pendidikan Vokasi. Jurnal Penjaminan Mutu, 7. http://ejournal.ihdn.ac.id/index.php/JPM

Rebecca, V. J. (2019). Pengaruh Budaya Organisasi dan Komunikasi Terhadap Mutu Layanan Guru PNS SMP Negeri di Kecamatan Pesanggrahan Jakarta Selatan 1. Universitas Negeri Jakarta.

Saripudin, S., Budiyanto, I. B., Listiana, R., & Ana, A. (2021). Digital literacy skills of vocational school teachers. Journal of Engineering Science and Technology, 16(1), 666–680.

Skarpaas, K. G., & Hellekjær, G. O. (2021). Vocational orientation – A supportive approach to teaching L2 English in upper secondary school vocational programmes. International Journal of Educational Research Open, 2(July), 100064. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2021.100064

Sogalrey, F. A. M., Madhakomala, R., Santosa, H., & Jamil, A. I. Bin. (2022). The Influence of Educators’ Perceptions of Principal Leadership and School Culture on Digital Teacher Literacy Services at School. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(4), 1262–1273. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v6i4.3987

Sukoco, J. B., Kurniawati, N. I., Werdani, R. E., Studi, P., Perkantoran, A., Vokasi, S., Diponegoro, U., Studi, P., Pemasaran, M., Vokasi, S., Diponegoro, U., Studi, P., Pemasaran, M., Vokasi, S., Diponegoro, U., Studi, P., Perusahaan, M., Vokasi, S., & Diponegoro, U. (2019). Pemahaman Pendidikan Vokasi. Jurnal Pengabdian Vokasi, 01(01), 23–26.

Wijanarko, A., Effendi, R., Setiawan, Y., Studi, P., Informasi, S., Bengkulu, U., Studi, P., Universitas, I., Studi, P., Informasi, S., & Bengkulu, U. (2021). Peningkatan Kompetensi Guru dalam Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Digital Sebagai Knowledge Sharing di SDIT Iqra 1 Bengkulu. ANUSA, 408–415.

Yahdiyani, N. R., Muna, A. R., Nurjanah, S., & Wahyuni, S. (2020). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kualitas Peserta didik di SDN Martapuro 2 Kabupaten Pasuruan. Journal of Education, Psychology and Counselling, 2(1), 327–336. https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/484

Yanti, D. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pembinaan Di Bidang Kesiswaan. 13. https://doi.org/10.31227/osf.io/qc3a4

Diterbitkan

2023-12-31

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check