ANALISIS KESIAPAN AKREDITASI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DI KABUPATEN JAYAPURA

Penulis

  • Meylani Aljeinie Tijow Universitas Cenderawasih
  • Agnes Aryesam Universitas Cenderawasih, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31957/.v4i2.3688

Kata Kunci:

akreditasi, IASP 2020, Kabupaten Jayapura, Sekolah Menengah

Abstrak

Akreditasi Sekolah/Madrasah merupakan suatu kegiatan penilaian kelayakan satuan pendidikan secara komprehensif dengan indikator berdasarkan standar nasional pendidikan, dan hasilnya dalam bentuk pengakuan. Hasil dari akreditasi sekolah mencerminkan mutu proses pendidikan yang terlaksana di satuan pendidikan. Sehingga, semakin baik hasil akreditasi yang dicapai maka dengan kata lain semakin baik juga mutu pendidikan yang diimplementasikan di satuan pendidikan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan sejauh mana kesiapan sekolah dalam menghadapi visitasi akreditasi menurut 4 standar dalam IASP2020 yang terdiri dari: 1) Standar Mutu Lulusan; 2) Standar Proses Pembelajaran; 3) Standar Mutu Guru; 4) Standar Manajemen Sekolah. Metode yang digunakan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjeknya adalah 1 SMP Negeri dan 1 SMP Swasta di Kabupaten Jayapura. Sekolah dipilih berdasarkan status sekolah yang dalam waktu kurang lebih 1 tahun akan menghadapi visitasi akreditasi. Penelitian dilakukan sebelum proses visitasi akreditasi di sekolah untuk melihat kesiapan sekolah dalam menghadapi kegiatan visitasi tersebut. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dengan mengacu pada Instrumen Akreditasi IASP2020. Sedangkan teknik yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah-sekolah yang dijadikan subjek penelitian belum sepenuhnya siap menghadapi visitasi akreditasi menggunakan Instrumen Akreditasi IASP2020.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Antonius, A. (2017). Pelaksanaan Akreditasi Sekolah Dasar Negeri. FOKUS: Publikasi Ilmiah Untuk Mahasiswa, Staf Pengajar dan Alumni Universitas Kapuas Sintang., 14(2). https://doi.org/10.51826/fokus.v14i2.44

Aryani, R., Sarji, S., Sodikin, S., Rohida, L., Sutomo, S., Wicaksono, D., Rahmawati, D., Fanisyah, E., Kurniawan, E., Mubinan, F., Sogalrey, F. A. M., Astuti, W., & Javlean, C. A. C. (2023). Manajemen Pendidikan (Teori dan Konsep Pengelolaan Pendidikan). Eureka Media Aksara. https://repository.penerbiteureka.com/publications/563247/

Aryesam, A., Tijow, M. A., & Panda, F. M. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. Noken, 2(1), 42–49. https://doi.org/10.31957/noken.v2i1.1698

Asyari, H., Munawwaroh, Z., & Azmi, U. (2021). Analisis Pelaksanaan Akreditasi Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Pembangunan UIN Jakarta. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 5(2), 143–162. https://journal.iainlhokseumawe.ac.id/index.php/idarah/article/view/124

Awaludin, A. A. R. (2017). Akreditasi Sekolah sebagai Suatu Upaya Penjaminan Mutu Pendidikan di Indonesia. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1). https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1156

Azizah, L., & Witri, S. (2021). Peningkatan Mutu Pendidikan melalui Penerapan Total Quality Management dalam Program Akreditasi Sekolah. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 1(1), Article 1.https://doi.org/10.35878/guru.v1i1.263

Irawan, S., Tagela, U., & Windrawanto, Y. (2020). Hubungan akreditasi sekolah dan supervisi oleh kepala sekolah dengan kualitas sekolah. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.21831/jamp.v8i2.33905

Kasmawati, Y. (2020). Peningkatan Kompetensi Melalui Kolaborasi: Suatu Tinjauan Teoritis Terhadap Guru. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3377

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (n.d.). Undang Undang No. 20 Tahun 2003. Retrieved March 11, 2024, from https://jdih.kemdikbud.go.id/sjdih/siperpu/dokumen/salinan/UU_tahun2003_nomor020.pdf

Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Tepublik Indonesia Nomor 209/P/2021. (2021). Kriteria dan Perangkat Akreditasi Pendidikan Dasar dan Menengah.

Malik, A., Nyoto, A., Susetyo, B., Anjaya, C., Yusro, M., Surapranata, S., Soetantyo, S. P., Toharudin, T., Ar, D. H., Irfan, F., & Ali, I. (2023). Pedoman Akreditasi Sekolah Dan Madrasah Tahun 2023.

Rohman, H. (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Madinasika Manajemen Pendidikan Dan Keguruan, 1(2), Article 2. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/madinasika/article/view/481

Sembiring, D. A. K. (2022). Implementasi Teknik Supervisi Individual Kepala Sekolah: Sebuah Studi Literatur. Noken: Jurnal Pengelolaan Pendidikan. 3(2). Article 2. https://doi.org/10.31957/noken.v3i2.2702

Setiyaningsih, C. D. (2017). Status Akreditasi Dan Kualitas Sekolah Di Sekolah Dasar Negeri. JMSP (Jurnal Manajemen Dan Supervisi Pendidikan), 1(2), Article 2. https://journal2.um.ac.id/index.php/jmsp/article/view/1868

Wulandari, F., Febriansyah, D., Salwa, S., & Sulaiman, R. M. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Di Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Meningkatkan Akreditasi Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2539

Diterbitkan

2023-12-31

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check