Pengelolaan Kelas Pendidikan Anak Usia Dini: Kajian Kepemimpinan
Kata Kunci:
Pendidik, kepemimpinan, pendidikan anak usia diniAbstrak
Pendidik merupakan unsur terpenting dalam pengelolaan kelas yang efektif dan efisien. Maka diperlukan seorang pendidik yang memiliki gaya kepemimpinan yang mendorong peserta didik untuk meningkatkan potensinya. Selain itu, mengembangkan aspek-aspek perkembangan peserta didik seperti aspek nilai moral dan agama, aspek kognitif, aspek bahasa, aspek fisik motoric, nilai pancasila dan aspek sosial emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana gaya kepemimpinan yang dimiliki oleh pendidik anak usia dini dalam mengelola kelas. Pengambilan data menggunakan online survey dengan responden berjumlah 79 orang yang tersebar di 3 provinsi yakni provinsi Papua, provinsi Papua Selatan dan Provinsi Papua Tengah. Adapun hasil penelitiannya adalah Pendidik lebih condong untuk menerapkan gaya kepemimpinan partisipatif sebesar 61%. Dilanjutkan dengan gaya visioner sebesar 59% dan gaya situasional sebesar 58%. Sedangkan gaya kepemimpinan otoriter sebesar 19%.
Unduhan
Referensi
Diana. (2013). Model-model Pembelajaran Anak Usia Dini. Deepublish.
Djamarah, S. B. (2006). Strategi Belajar Mengajar. PT. Rineke Cipta.
Karwati, E., & Prian, D. J. (2014). Manajemen Kelas (Class management). Alfabeta.
Kemendikbudristek. (2021). 7 Manfaat Program Guru Penggerak. Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. Gurudikdas.Kemendikbud. go.Id
Kemendikbudristek. (2022). PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI REPUBLIK INDONESIA NOMOR 5 TAHUN 2022 TENTANG STANDAR KOMPETENSI LULUSAN PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, JENJANG PENDIDIKAN DASAR, DAN JENJANG PENDIDIKAN MENENGAH. Kementerian pendidikan, kebudayaan, riset dan teknologi.
Khoironi, N., Hamid, A., Islam, U., Sunan, N., & Surabaya, A. (2020). Kepemimpian situasional dalam pendidikan islam. 668–677.
Komara, E., Mulyanto, A., Rahman, I. A., Karimah, I., & Zainal, D. (2023). Implementasi Kepemimpinan Partisipatif dalam Manajemen Pendidikan Anak Usia Dini di TK Radhi Ibrahim Nurfadilah ( RIN ) Baleendah. 9(3), 1567–1571. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.5205/http
Milles, M. B., & Huberman, A. M. (1992). Analisis Data Kualitatif (Cecep Rohindi, Ed.). UI Press.
Pemerintah RI. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Indonesia. Sekretariat Negara.
Rachman, E. A., Humaeroh, D., Sari, D. Y., & Mulyanto, A. (2023). Kepemimpinan Visioner Dalam Pendidikan Karakter. 9(2), 1024–1033. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.5053
Usman, H. (2012). Manajemen Teori, Praktek, dan Riset Pendidikan. Bumi Aksara.
Usman, H. (2019). Administrasi, Manajemen, dan Kepemimpinan Pendidikan Teori dan Praktek. Bumi Aksara.
Wahyuni, S. R. I., Fadilah, I. N. U. R., & Astri, W. (2022). GAYA KEPEMIMPINAN OTORITER ( OTOKRATIS ) DALAM. 1, 123–130.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. Journal NOKEN offers all authors of journal articles allows their research openly available, free access and time restrictions.Journal NOKEN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.Â
Authors who publish with Journal NOKEN agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-ND 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).