Hubungan Rasa Percaya Diri Dengan Keaktifan Belajar: Studi Kasus Mahasiswa ITBKPP Sentani
Kata Kunci:
korelasi, rasa percaya diri, keaktifan belajarAbstrak
Kegiatan belajar mengajar bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran tentu akan lebih mudah tercapai apabila peserta didik berperan serta aktif dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keaktifan belajar mahasiswa apakah ada hubungannya dengan rasa percaya diri: studi kasus pada mahasiswa Institut Teknologi dan Bisnis Karya Pembangunan Papua. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 115 mahasiswa. Teknik penentuan sampel menggunakan random sampling sebanyak 60 sampel mahasiswa. Dari data yang telah diuji, dapat disimpulkan bahwa rasa percaya diri tidak berkorelasi dengan keaktifan belajar mahasiswa. Hal ini terlihat pada angka signifikan lebih besar dari taraf signifikansi yang disyaratkan (0,936 > 0,05).
Unduhan
Referensi
Agustiani, H. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung: Refika Aditama.
Aziza, F. (2017). “Hubungan Antara Kepercayaan Diri dengan Keaktifan Belajar Peserta Didik Kelas IV di MI Islamiyah Podorejo Ngaliyan Kota Semarang Tahun Pelajaran 2016/2017. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Bada & Olusegun, S. 2015. Hubungan Constructivism Learning Theory: A Paradigm for Teaching and Learning. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), Volume 5, Issue 6 Ver. I (Nov-Dec. 2015), PP 66-70.
Goss_Sampson, M. 2020. Statistical analysis in JASP: A Guide for Students. https://jasp-stats.org/wp-content/uploads/2022/04/Statistical-Analysis-in-JASP-A-Students-Guide-v16.pdf.
Mahsuri, Ali. 2023. Statistika Parametrik Dasar (Uji Hubungan, Uji Perbedaan, dan Aplikasinya Menggunakan JASP). Malang: Inara Publisher.
Merdekawati, B. (2023). Hubungan Percaya Diri Dengan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Nurfatimah, S. 2019. Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme dalam Pembelajaran Sains. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, Volume 19, No. 2, September 2009.
Rangkuti, N. A. 2014. Konstruktivisme dan Pembelajaran Matematika. Jurnal Darul 'Ilmi Vol.02, No, 02, Juli 2014.
Ruhman. 2016. Hubungan antara Keaktifan Organisasi dengan Kepercayaan Diri pada Mahasiswa Tingkat II Stikes Muhammadiyah Samarinda. Skripsi: Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Samarinda.
Permendikbud Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Pramesty, Monica & Suratno, Ignatius, B. 2021. Hubungan Rasa Percaya Diri, perhatian Guru, dan Dukungan Teman Sebaya dengan Keaktifan Belajar Siswa di Kelas. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Akuntansi, 15 (1).
Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif: Bandung: Alfabeta.
Sukardi, M. 2021. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan kepercayaan diri siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2).
Undang-Undang No 20 tahun 2003 Bab II pasal 3.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. Journal NOKEN offers all authors of journal articles allows their research openly available, free access and time restrictions.Journal NOKEN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.Â
Authors who publish with Journal NOKEN agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-ND 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).