Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran Terhadap Kinerja Guru
Kata Kunci:
Kepemimpinan Pembelajaran, Kinerja, GuruAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepemimpinan pembelajaran terhadap kinerja guru di SMA Negeri Kabupaten Toraja Utara. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasi sederhana. Sampel penelitian terdiri atas 136 guru dari 4 sekolah yang dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan pembelajaran memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dengan kontribusi sebesar 52,7%. Berdasarkan hasil analisis regresi, setiap peningkatan satu poin dalam kepemimpinan pembelajaran meningkatkan kinerja guru sebesar 0,272 poin. Kesimpulannya, peningkatan kualitas kepemimpinan pembelajaran dapat meningkatkan kinerja guru secara signifikan.
Unduhan
Referensi
Dewi, T. U. (2020) Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran Dan Stress Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Sma Negeri Kabupaten Bengkulu Selatan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 14(3), 118–128. Https://Doi.Org/10.33369/Mapen.V14i3.12913
Hafidulloh, Iradawaty, & Mochklas. (2021) Manajemen Guru: Meningkatkan Disiplin Dan Kinerja Guru. Bintang Pustaka Madani.
Ilham. (2021) Kebijakan Kepala Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 154–161.
Isa, Asrori, M., & Muharini, R. (2022) Peran Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Jurnal Basic Edu, 6.
Juniarti, E., Ahyani, N., & Ardiansyah, A. (2020) Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Disiplin Guru Terhadap Kinerja Guru. Journal of Education Research.
Kartiko, A., Rokhman, M., Priyono, A. A., & Susanto, S. (2023). Peningkatan Kinerja Guru Melalui Budaya Organisasi Dan Kepemimpinan Servant Kepala Madrasah. Urwatul Wutsqo: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 13(1), 1–14. Https://Doi.Org/10.54437/Urwatulwutsqo.V13i1.1323
Khasanah, L., Khotimah, K., Suprijono, A., & Imron, A. (2023). Studi Deskriptif Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kewirausahaan Pada Kelas VII. Jurnal Dialektika Pendidikan IPS, 3(3), 257–267. Https://Doi.Org/10.26740/Penips.V3i3.56361
Khofifah, R. W., Rahmawati, I., & Trimulyo, J. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Pembelajaran Dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Mengajar Guru PNS Di SMPN Se-Kecamatan Pamijahan. Jurnal Sains Indonesia, 1(3), 139–143.
Nurrochman, T., Darsinah, D., & Wafroaturrohmah, W. (2023). Peran Kepemimpinan Pembelajaran Kepala Sekolah Melalui Transformasi Digital Pasca Pandemi Di Sekolah Dasar. Jurnal Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Borneo, 4(3), 299–310. Https://Doi.Org/10.21093/Jtikborneo.V4i3.6905
Pane, D. (2021). Analisis Manajemen Berbasis Sekolah Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Peningkatan Kinerja Guru Di SMP Swasta Pemda Rantau Prapat. 5. Jurnal Pendidikan TambusaI.
Parveen, K., Quang Bao Tran, P., Kumar, T., & Shah, A. H. (2022). Impact Of Principal Leadership Styles On Teacher Job Performance: An Empirical Investigation. Frontiers In Education, 7, 814159. Https://Doi.Org/10.3389/Feduc.2022.814159
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Sari, R. D. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling.
Rachman, A., Suriansyah, A., Effendi, R., (2023). The Influence Of School Culture, Principal Instructional Leadership And Work Motivation On The Teacher Performance Of Elementary School. International Journal Of Social Science And Human Research, 06(05). Https://Doi.Org/10.47191/Ijsshr/V6-I5-39
Rahmawati, A., Rosdiana, D., & Novitasari, D. (2023) Pengaruh Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru. Journal of Information Systems and Management 02(03).
Rifki Solana, M., & Mustika, D. (2023). Peran Kepala Sekolah Sebagai Leader Dalam Pendidikan. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 406–418. https://Doi.org/10.37985/Murhum.V4i1.231
Robizal, A., & Julaiha, S. (2024). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. 6(3) Stratego: Jurnal Manajemen Modern.
Sari, T. P., Haryanto, E., & Muspawi, M. (2022). Pengaruh Kepemimpnan Kepala Sekolah, Struktur Organisasi, Motivasi Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 925–933. Https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V4i1.2040
Setyowati, E. (2021). Peningkatan Kinerja Guru Dalam Pengembangan Evaluasi Hasil Belajar Melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah Di SD Negeri 5 Sidorejo Tahun Pelajaran 2019/2020. MANAJERIAL: Jurnal Inovasi Manajemen Dan Supervisi Pendidikan, 1(2), 182–188. Https://Doi.Org/10.51878/Manajerial.V1i2.657
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen. (N.D.).
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (N.D.).
Wahab, J. A., Mansor, A. Z., Hussin, M., & Kumarasamy, S. (2020). Headmasters Instructional Leadership And Its Relationship With Teachers Performance. Universal Journal Of Educational Research, 8(11A), 97–102. https://Doi.Org/10.13189/Ujer.2020.082112
Yunus, A. A. S. P., Hidayat, M. T., Djazilan, M. S., & Akhwani, A. (2021). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3625–3635. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i5.1419
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge. Journal NOKEN offers all authors of journal articles allows their research openly available, free access and time restrictions.
Journal NOKEN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.Â
Authors who publish with Journal NOKEN agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-NC-ND 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).