PENGARUH MODEL PBL BERBASIS METODE EKSPERIMEN TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN USAHA DAN ENERGI

Authors

  • Farisda Yanti Pendidikan Fisika Universitas Cenderawasih
  • Albert Lumbu Pendidikan Fisika Universitas Cenderawasih
  • Virman Virman Pendidikan Fisika Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.31957/pjpe.v1i2.1391

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model PBL berbasis metode eksperimen pada pokok bahasan usaha dan energi dan hubungan model PBL berbasis metode eksperimen terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan usaha dan energi. (3) mengetahui pengaruh model PBL berbasis metode eksperimen terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan usaha dan energi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode penelitian pre-experimental design, dan desain penelitian one-group pretest-posttest. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIA SMA YPPK Teruna Bakti Jayapura yang berjumlah 134 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan cara purposive sampling, sehingga diperoleh sampel peserta didik kelas X MIA 4 berjumlah 34 peserta didik. Penelitian ini menggunakan 2 instrumen yaitu instrumen tes dan instrumen non tes. Hasil penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa: (1) terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik yang ditunjukkan oleh nilai N-Gain rata-rata sebesar 0,80 dengan kategori tinggi. (2) terdapat hubungan antara variabel X terhadap variabel Y yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi < 0,05 yaitu sebesar 0,000 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. (3) terdapat pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y yang ditunjukkan oleh nilai signifikansi < 0,05  yaitu sebesar 0,000 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziz, A., Rokhmat, J., & Kosim, K. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMAN 1 Gunungsari Kabupaten Lombok Barat Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 1(3), 200.

Hadi, W. S. (2015). Pengembangan Komik Fisika Berbasis Android Sebagai Suplemen Pokok Bahasan Radioaktivitas untuk Sekolah Menengah Atas. Universitas Negeri Semarang.

Hartini, T. I., Kusdiwelirawan, A., & Fitriana, I. (2014). Pengaruh berpikir kreatif dengan model problem based learning (pbl) terhadap prestasi belajar fisika siswa dengan menggunakan tes open ended. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1).

Herlinda, H., Wsistoro, E., & Risdianto, E. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Dan Minat Belajar Siswa Pada Materi Fluida Statis Di SMAN 1 Lebong Sakti. Jurnal Ilmu Dan Pembelajaran Fisika, 1(1).

Istiqamah, N., Doyan, A., & Taufik, M. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery dan Inkuiri Terbimbing Berbasis Eksperimen terhadap Hasil Belajar Fisika dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 2(1).

Juarsih, L., Pasaribu, A., & Siahaan, S. M. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Materi Usaha (Kerja) Dan Energi Bagi Sman 1 Plakat Tinggi. Pena Jurnal Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi, 31(1), 55–66.

Junaidi, M. K. P., & Lutfianto, M. (n.d.). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Trigonometri. Jurnal Pembelajaran Matematika, 5(2).

Mairani, E., & Simatupang, S. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif Tingkat Tinggi Siswa pada Materi Suhu dan Kalor Kelas X Semester II SMA Negeri 5 Tanjung Balai TP 2016/2017. INPAFI (Inovasi Pembelajaran Fisika), 6(1).

Moallem, M., Hung, W., & Dabbagh, N. (2019). The Wiley handbook of problem-based learning. Wiley Online Library.

Muhammad Aswin Rangkuti dan Ridwan A. Sani. (2017). Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika, 1(1), 7–16.

Nababan, L. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Usaha Dan Energi Kelas X Semester Genap Sma Negeri 2 Medan Tahun Pelajaran 2016/2017. UNIMED.

Nani, K., & Kusumah, Y. (2015). the Effectiveness Ofict-Assisted Project- Based Learning in Enhancing. International Journal of Education and Research, 3(8), 187–196.

Pratama, N. S., & Istiyono, E. (2015). Studi pelaksanaan pembelajaran fisika berbasis higher order thinking (HOTS) pada kelas X di SMA Negeri Kota Yogyakarta. Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika Ke-4 2015. Sebelas Maret University.

Putri, F. S. (2014). Penerapan Pembelajaran Guided Discovery Berbasis Kegiatan Laboratorium untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN Denanyar Jombang pada Materi Elastisitas. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika.

Rerung, N., Sinon, I. L. S., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMA pada materi usaha dan energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 47.

Subekti, Y., & Ariswan, A. (2016). Pembelajaran fisika dengan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan keterampilan proses sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 2(2), 252–261.

Downloads

Published

2020-12-01