PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X IPA SMA MUHAMMADIYAH JAYAPURA TAHUN AJARAN 2019/2020

Authors

  • Leni Yulianingsih Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Cenderawasih
  • Bonefasius Yanwar Boy Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Cenderawasih
  • Florentina Maria Panda Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Cenderawasih

DOI:

https://doi.org/10.31957/pjpe.v1i2.1392

Abstract

Telah dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui adanya (1) hubungan antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan keterampilan generik sains peserta didik pada pokok bahasan momentum dan impuls, dan (2) pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan generik sains peserta didik pada pokok bahasan momentum dan impuls. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan yaitu pre-experimental designs, jenisnya yaitu one-group posttest-only design. Penelitian dilaksanakan di SMA Muhammadiyah Jayapura tahun ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X IPA yang berjumlah 85 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling dengan menggunakan cara purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X IPA 3 yang berjumlah 23 peserta didik. Hasil penelitian dan pengolahan data menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang signifikan antara model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan keterampilan generik sains peserta didik, yang dapat dilihat dari hasil analisis korelasi dengan signifikansi sebesar 0,000. Besar koefisien korelasi yaitu 0,937, diinterpretasikan dalam tingkat hubungan sehingga kedua variabel memiliki hubungan yang sangat kuat, dan (2) terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan generik sains peserta didik, yang dapat dilihat dari hasil analisis regresi linier sederhana dengan signifikansi sebesar 0,000. Sumbangan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan generik sains sebesar 87,8% dan sisanya 12,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Annisa, N. H., & Sudarmin, S. (2016). Pengaruh Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Diagram Vee Terhadap Keterampilan Generik Sains Siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10(1).

Brotosiswoyo, B. S. (2000). Hakikat Pembelajaran MIPA di Perguruan Tinggi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Djazari, M., Rahmawati, D., & Nugraha, M. A. (2013). Pengaruh Sikap Menghindari Risiko Sharing dan Knowledge Self-Efficacy Terhadap Informal Knowledge Sharing Pada Mahasiswa Fise UNY. Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 2(2), 181–209.

Hastjarjo, T. D. (2019). Rancangan Eksperimen-Kuasi. Buletin Psikologi, 27(2), 187–203.

Junaidi, J., Gani, A., & Mursal, M. (2016). Model Virtual Laboratory Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa MA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 4(2), 130–136.

Lestari, E. S. (2017). Penggunaan Media Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan Pengetahuan Prosedural Siswa Pada Pokok Bahasan Sistem Ekskresi. FKIP Unpas.

Mukhlis, M. (2017). Pembelajaran Model Inquiri Terbimbing Pada Materi Besaran Dan Satuan Untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Dan Hasil Belajar Mahasiswa. Lantanida Journal, 5(1), 29–41.

Nuraini, D., Muncarno, M., & Darsono, D. (2014). Strategi Active Knowledge Sharing Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar. Jurnal Pedagogi, 2(3).

Rizal, H. P., & Danial, M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Generik Sains Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pangkajene Sidrap. BIOEDUKASI, 5(1).

Rosidah, T., Astuti, A. P., & Wulandari, V. D. R. A. (2017). Eksplorasi Keterampilan Generik Sains Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia di Sma Negeri 9 Semarang. Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 5(2), 130–137.

Sani, R. A. (2014). Pengaruh model pembelajaran inkuiri dan kreativitas terhadap keterampilan generik sains siswa di SMA Negeri 1 Peukan Pidie. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 41–46.

Sugiyono, D. (2010). Metode penelitian kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, S. N., Suyatna, A., & Rosidin, U. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Keterampilan Generik Sains (KGS). Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(1).

Yuniarta, F. (2014). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa SMP. Jurnal Pengajaran MIPA, 19(1), 111–116.

Downloads

Published

2020-12-01