ANALISIS PENGUASAAN KONSEP SISWA DALAM PEMBELAJARAN FISIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Apriliani, S., Budiarti, I. S., & Lumbu, A. (2015). Penggunaan Analogi Dalam Pembelajaran Fisika Melalui Metode Eksperimen Topik Aliran Arus Listrik Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Kelas X SMA YPPK Taruna Dharma Kotaraja. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 1(1), 14. https://doi.org/10.25273/jpfk.v1i1.7
Budiarti, I., & Tanta, T. (2021). How the Patterns of Students’ Scientific Problem-Solving Skills in SMPN Kota Jayapura. International Conference on Progressive Education. https://doi.org/10.4108/eai.16-10-2020.2305232
Budiarti, I. S., & Tanta. (2021). Analysis On Students’ Scientific Literacy of Newton’s Law and Motion System in Living Things. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 9(1), 36–51. https://doi.org/10.24815/jpsi.v9i1.18470
Budiarti, I. S., Beno, R., Lumbu, A. (2021). Profile of Students ’ Scientific Literacy Abilities in Higher Education on Chapter Heat and Temperature. Indonesian J. Integr. Sci. Education, 3(1), 25–35.
Djamarah, S.B., & Zain A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Duch, B. J., Allen, D. E., & Groh, S. E. (2001). The Power of Problem-Based Learning. New Directions for Teaching and Learning.
Hake, R. R. (2002). Relationship of Individual Student Normalized Learning Gains In Mechanics with Gender, High-School Physics, and Pretest Scores on Mathematics and Spatial Visualization. Submitted to the Physics Education Research Conference; boise, Idaho; August 2002. Online at http://www.arxiv.org
Juliawan D. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kuta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan IPA. 1–17.
Lete, M et al. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains melalui Pembelajaran Discovery Topik Tekanan Hidrostatis. Pros. Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM. 1. 1020-1032. Diakses dari http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id
Prima, E. C., & Kaniawati, I. (2011). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Penguasaan Konsep Elastisitas Pada Siswa SMA. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v16i1.279
Purbowo, A., Boy, B. Y., Budiarti, I. S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Suhu Dan Kalor. Papua Journal of Physics Education (PJPE), 1(1). https://doi.org/10.30596/liabilities.v1i1.2027
Ramdiah, S., Abidinsyah, Royani, M., & Husamah. (2019). Understanding, planning, and implementation of HOTS by senior high school biology teachers in Banjarmasin-Indonesia. International Journal of Instruction, 12(1),425–440. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12128a
Sakliressy, M. T., Sunarno, W., & Nurosyid, F. (2021). Students Scientific Attitude in Learning Physics Using Problem Based Learning Model with Experimental and Project Methods. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 10(1), 59–70. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v10i1.8347
Setyorini, U., Sukiswo, S. E., & Subali, B. (2011). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Smp. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(2), 52–56. https://doi.org/10.15294/jpfi.v7i1.1070
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Viyanti, Suyatna, A., Dinatikan, H. K., Budiarti, I. S. (2020). Analisis Kebutuhan Pengembangan LKPD Berbasis PJBL-STEM Untuk Mereduksi Perbedaan Penalaran Ilmiah Dan Performance Argumentasi. Papua Journal of Physics Education, 1(2), 36–44.
Yoesoef, A. (2015). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Menanya dan Penguasaan Konsep Fisika Kelas X MIA 1 SMA Negeri 2 Kediri. Jurnal PINUS, 1(2), 96-102.
DOI: https://doi.org/10.31957/pjpe.v2i1.1728
Refbacks
- There are currently no refbacks.