EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL GUIDED DISCOVERY PADA POKOK BAHASAN KLASIFIKASI HE WAN TERHAPAP HASIL BELAJAR BIOLOGI DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 JAYAPURA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

BINSAR SIBARANI, MAIKEL SIMBIAK

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil  belajar biologi siswa yang mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran guided discovery dan siswa yang mengikuti pelajaran dengan model pembelajaran langsung, (konvensional), (2) adanya perbedaan hasil belajar Biologi siswa pada yang memiliki motivasi belajar tinggi, sedang dan rendah, (3) adanya interaksi penerapan model pembelajaran dengan tingkat motivai belajar siswa terhadap hasil belajar biologi siswa tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari tiga hipotesis yang diajukan  (1) menunjukkan perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran guided discovery dengan model pembelajaran langsung, nilai sig 0,001 < α 0,005, (2) belajar biologi nilai sig 0,002 < α 0,005, (3) tidak ada interaksi antara model pembelajaran tingkat motivasi sisswa dengan model pembelajaran siswa nilai sig 0,611 > α 0,005.

Kata Kunci: Guided Discovery Learning, Pembelajaran Langsung, Motivasi Belajar, Hasil Belajar


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31957/jipi.v2i3.339

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JURNAL ILMU PENDIDIKAN INDONESIA